Mamahami komplemen himpunan sangat penting sebagai dasar untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan penerapan himpunan. Oleh karena itu dalam melaksanakan pembelajaran pada materi ini perlu direncanakan dengan sebaik baiknya. Berikut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi ajar komplemen himpunan berdasarkan kurikulum 2013.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : SMPN 4 satu Atap Karangrayung
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/Semester : VII
(Tujuh) / 1
Materi
Pokok : Komplemen dan
selisih himpunan
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit.
A.
Kompetensi Inti SMP kelas VII:
KI-1 Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
|
3.5 Menjelaskan dan
melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
|
3.5.7 Menentukan
komplemen suatu himpunan
3.5.8 Menentukan selisih suatu himpunan
|
|
4.5 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan
|
4.5.3 Menyelesaikan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan komplemen himpunan
4.5.4
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menentukan selisih dua buah himpunan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Menentukan komplemen suatu himpunan dengan benar
2. Menentukan selisih suatu himpunan dengan benar
3.
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan komplemen himpunan dengan benar
4.
Menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menentukan selisih dua buah himpunan dengan benar
D.
Materi
1.Komplemen suatu himpunan Ac
2.Selisih dua himpunan (A – B)
E. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.Guru memberi salam dan mengajak siswa
berdoa.
2.Guru menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa.
3.Siswa mendengar dan menanggapi cerita guru
tentang manfaat belajar komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan..
4.Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil
belajar yang diharapkan akan dicapai siswa.
5.Guru menginformasikan cara belajar yang akan
ditempuh (ceramah dan demonstrasi disertai tanya jawab,latihan individu
dilanjutkan kelompok,pembahasan latihan secara klasikal,latihan berpasangan
pembahasan secara klasikal,pemajangan hasil klasikal)
6.Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan
tanya jawab
.
|
15 menit
|
Inti
|
1.Siswa mengamati,mencermati dan menjawab
pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan
komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan.
2.Siswa menganalisis,menalar,mencoba dan
menyimpulkan pengertian komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan
yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan konsep matematika
3.Secara individu siswa menyelesaikan tugas
latihan tentang komplemen suatu
himpunan dan selisih dua himpunan yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan
konsep matematika.
4.Secara kelompok,siswa berdiskusi membahas hasil
tugas latihan .Anggota kelompok saling memeriksa,mengoreksi dan meberikan
masukan.
5.Beberapa siswa wakil kelompok (minimal 3 orang )
melaporkan hasil penyelesaian latihan 1 .siswa tersebut ditunjuk secara acak
oleh guru
6.Siswa dan guru membahas hasil penyelesaian
latihan , guru memberikan umpan balik,
7.Secara berpasangan siswa menyelesaikan latihan tentang komplemen suatu himpunan dan selisih
dua himpunan yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan konsep matematika
8.Siswa dan guru membahas hasil latihan .guru memberi
umpan balik.Hasil latihan dipajang ditempat pajangan hasil karya.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu
tentang komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan.
2.Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh
guru.
3.Guru memberi pekerjaan rumah.
4.Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan
pada pertemuan berikutnya yaitu mengerjakan kuis tentang komplemen suatu
himpunan dan selisih dua himpunan.
|
5 menit
|
Pertemuan 2
Peserta didik mengerjakan soal soal latihan di buku peserta
didik kelas VII kurikulum 2013 (2x40 menit)
F. Penilaian
1.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian: Tes
Tertulis latihan
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
Instrumen Test: lampiran 1
2.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian:Observasi
b.
Bentuk Instrumen: Check
list
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Mempresentasikan
hasil diskusi dari LKPD.
|
1-4
|
Instrumen:
lihat Lampiran 2
G. Media,
Alat,
dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media
a.
Papan
tulis
b.
Daftar
menu makanan
c.
LKPD
2.
Alat
a.
Kapur
b.
Spidol
c.
LCD
d.
Layar
Proyektor
3.
Sumber pembelajaran
a.
Buku
Peserta didik kelas VII Kurikulum 2013
b.
Buku Guru kelas VII Kurikulum 2013
Mengetahui Karangrayung,
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung Guru Mata Pelajaran,
Marko, S.Pd Eko
Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001 NIP. 19850113 2009021 003
Lampiran
1
SOAL
(Waktu:maksimal 10 menit).
Petunjuk:
1.Kerjakan soal
berikut secara individu tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.pilihlah jawaban
soal kemudian jawablah pertanyaan /perintah dibawahnya.
1.Terdapat 8 orang
siswa yang akan diberangkatkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat provinsi
dari sekolah SMP N 9 Semarang. ke 8 siswa tersebut adalah Joko, Budi, Tono, Doni, Ana,
Retno, Putri
dan Indra , akan dibagi kedalam kelompok siswa yang akan mengikuti olimpiade
matematika, olimpiade fisika, dan olimpiade kimia. 5 orang siswa akan mengikuti
olimpiade matematika ,yaitu Joko, Budi, Tono, Doni, dan Ana. 3 orang mengikuti fisika yaitu Tono, Retno, dan Ana.
Lainnya mengikuti olimpiade kimia.
- Jika A adalah himpunan siswa yang tidak mengikuti
olimpiade matematika, sebutkan anggota himpunan A, tentukan banyak
anggota himpunan A.!
- Jika B adalah himpunan siswa yang tidak mengikuti
olimpiade kimia sebutkan anggota
Himpunan B,
tentukan banyak anggota himpunan B.
- Tentukan banyak anak yang hanya mengikuti olimpiade
Matematika saja, sebutkan!
2. Diketahui himpunan berikut:
S = { 1,
2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, }
A = { 2,
4, 6, 8 }
B = { 2,
4, 5, 7 }
Tentukan :
- Komplemen dari himpunan A
- Himpunan (A – B)
Demikianlah artikel RPP komplemen himpunan kurikulum 2013. semoga bermanfaat!