Monday, January 29, 2018

RPP komplemen himpunan kurikulum 2013

Mamahami komplemen himpunan sangat penting sebagai dasar untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan penerapan himpunan. Oleh karena itu dalam melaksanakan pembelajaran pada materi ini perlu direncanakan dengan sebaik baiknya. Berikut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi ajar  komplemen himpunan berdasarkan kurikulum 2013.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  RPP  )

                                                   Nama Sekolah    :     SMPN 4 satu Atap  Karangrayung
                                                   Mata Pelajaran   :     Matematika
                                                   Kelas /Semester  :    VII (Tujuh) / 1
                                                   Materi Pokok     :      Komplemen dan selisih himpunan
                                                   Alokasi waktu    :      4 x 40 menit.
        
A.    Kompetensi Inti SMP kelas VII:
KI-1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

  1.  
3.5 Menjelaskan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
3.5.7 Menentukan komplemen suatu himpunan
3.5.8  Menentukan selisih suatu himpunan


  1.  
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan
4.5.3 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan  komplemen himpunan
4.5.4 Menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menentukan selisih dua buah  himpunan

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Menentukan komplemen suatu himpunan dengan benar
2.      Menentukan selisih suatu himpunan dengan benar
3.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan  komplemen himpunan dengan benar
4.      Menyelesaikan permasalahan sehari-hari dengan menentukan selisih dua buah  himpunan dengan benar
D.    Materi
1.Komplemen suatu himpunan Ac
2.Selisih dua himpunan (A – B)                                            

E.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
1.Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa.

2.Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.

3.Siswa mendengar dan menanggapi cerita guru tentang manfaat belajar komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan..

4.Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa.

5.Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (ceramah dan demonstrasi disertai tanya jawab,latihan individu dilanjutkan kelompok,pembahasan latihan secara klasikal,latihan berpasangan pembahasan secara klasikal,pemajangan hasil klasikal)

6.Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
.



15 menit





Inti
1.Siswa mengamati,mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan.

2.Siswa menganalisis,menalar,mencoba dan menyimpulkan pengertian komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan konsep matematika

3.Secara individu siswa menyelesaikan tugas latihan  tentang komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan konsep matematika.

4.Secara kelompok,siswa berdiskusi membahas hasil tugas latihan .Anggota kelompok saling memeriksa,mengoreksi dan meberikan masukan.

5.Beberapa siswa wakil kelompok (minimal 3 orang ) melaporkan hasil penyelesaian latihan 1 .siswa tersebut ditunjuk secara acak oleh guru

6.Siswa dan guru membahas hasil penyelesaian latihan , guru memberikan umpan balik,

7.Secara berpasangan siswa menyelesaikan latihan  tentang komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan yang melibatkan peristiwa sehari-hari dan konsep matematika

8.Siswa dan guru membahas hasil latihan .guru memberi umpan balik.Hasil latihan dipajang ditempat pajangan hasil karya.


60 menit


Penutup
1.siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan.
2.Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh guru.
3.Guru memberi pekerjaan rumah.
4.Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya yaitu mengerjakan kuis tentang komplemen suatu himpunan dan selisih dua himpunan.



5 menit

Pertemuan 2
Peserta didik mengerjakan soal soal latihan di buku peserta didik kelas VII kurikulum 2013 (2x40 menit)
F.     Penilaian
1.      Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian: Tes Tertulis latihan
                                   b.            Bentuk Instrumen:  Uraian
Instrumen Test: lampiran 1
2.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian:Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Check list
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Mempresentasikan hasil diskusi dari LKPD.
1-4
Instrumen: lihat Lampiran 2
G.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media
a.       Papan tulis
b.      Daftar menu makanan
c.       LKPD
2.   Alat
a.       Kapur
b.      Spidol
c.       LCD
d.      Layar Proyektor
3.   Sumber pembelajaran
a.       Buku Peserta didik kelas VII Kurikulum 2013
b.      Buku  Guru kelas VII Kurikulum 2013                                                                           
                                               
Mengetahui                                                                                                       Karangrayung,   
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung                                                        Guru Mata Pelajaran,

Marko, S.Pd                                                                                           Eko Suseno, S.Pd
NIP.19630716 198405 1 001                                                                  NIP. 19850113 2009021 003


Lampiran 1
                                                               SOAL  (Waktu:maksimal 10 menit).
Petunjuk:
1.Kerjakan soal berikut secara individu tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.pilihlah jawaban soal kemudian jawablah pertanyaan /perintah dibawahnya.
1.Terdapat 8 orang siswa yang akan diberangkatkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat provinsi dari sekolah SMP N 9 Semarang. ke 8 siswa tersebut adalah Joko, Budi, Tono, Doni, Ana, Retno, Putri dan Indra , akan dibagi kedalam kelompok siswa yang akan mengikuti olimpiade matematika, olimpiade fisika, dan olimpiade kimia. 5 orang siswa akan mengikuti olimpiade matematika ,yaitu Joko, Budi, Tono, Doni, dan Ana. 3 orang mengikuti fisika yaitu Tono, Retno, dan Ana. Lainnya mengikuti olimpiade kimia.
  1. Jika A adalah himpunan siswa yang tidak mengikuti olimpiade matematika, sebutkan anggota himpunan A, tentukan banyak anggota himpunan A.!
  2. Jika B adalah himpunan siswa yang tidak mengikuti olimpiade kimia sebutkan anggota
Himpunan B, tentukan banyak anggota himpunan B.
  1. Tentukan banyak anak yang hanya mengikuti olimpiade Matematika saja, sebutkan!
2. Diketahui himpunan berikut:
            S = { 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, }
            A = { 2, 4, 6, 8 }
            B = { 2, 4, 5, 7 }
Tentukan :

  1. Komplemen dari himpunan A
  2. Himpunan (A – B) 
Demikianlah artikel RPP komplemen himpunan kurikulum 2013. semoga bermanfaat!