Tuesday, January 30, 2018

RPP plsv kalimat terbuka tertutup kurikulum 2013

Kalimat terbuka dan kalimat tertutup adalah materi sebagai prasyarat pembelajaran persamaan dan pertaksamaan linier satu variabel (plsv/ptlsv). Kegiatan merencanakan pembelajaran pada materi ini wajib dilakukan minimal satu kali pertemuan. Dengan memahami materi ini siswa dapat mengikuti pembelajaran selanjutnya. Untuk membuat perencanaan pembelajaran yang baik maka RPP yang dibuat harus sesuai dengan standar kurikulum yang ada. Kali ini kita akan membagikan contoh RPP kalimat terbuka dan tertutup yang menerapkan kurikulum 2013.

simak RPP berikut!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMP Islam  Karangrayung
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester           : VII/I
Materi Pokok         :  Persamaan Linear Satu Variabel dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel serta Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu           : 3 × 40 menit

  1. Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
  1. Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
3.8 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
3.8.1dapat mendeskripsikan konsep kalimat tertutup dan kalimat terbuka

  1. Tujuan pembelajaran
Dengan model pembelajaran Problem Based Learning, pendekatan saintifik, dan diskusi kelompok menggunakan Lembar Tugas Peserta Didik, peserta didikdapat
1.    Mendeskripsikan konsep kalimat tertutup dengan benar
2.    Mendeskripsikan konsep kalimat terbuka dengan benar
  1. Materi Pembelajaran
v  Menemukan Konsep Kalimat Tertutup
Kalimat yang dapat dinyatakan benar saja atau salah saja dan tidak kedua-duanya disebut dengan kalimat tertutup atau disebut juga pernyataan.
v  Menemukan Konsep Kalimat Terbuka
Kalimat terbuka adalah kalimat yang belum dapat ditentukan nilai kebenarannya, bernilai benar saja atau salah saja karena memiliki unsur yang belum diketahui nilainya.
Variabel adalah simbol/lambang yang mewakili sebarang anggota suatu himpunan semesta. Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil.
  1. Metode Pembelajaran
1.    Model pembelajaran Problem Based Learning
2.    Pendekatan Saintifik
3.    Diskusi kelompok
  1. Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media                          : Lembar Kerja dan Materi Diskusi
Alat dan Bahan           : Papan tulis, spidol
Sumber Belajar           : Buku Peserta didik kelas VII Kurikulum 2013 oleh KementerianPendidikan dan Kebudayaan
  1. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru masuk ke dalam kelas dan menyapa peserta didik.
2.    Guru memulai pembelajaran dengan berdoa bersama-sama kemudian menanyakan kabar peserta didik dan mengecek presensi.
3.    Peserta didik mendengarkan dan menanggapi guru bercerita tentang pentingnya memahami konsep Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel dalam kehidupan sehari-hari, tujuan pembelajaran yang diharapkan akan dicapai peserta didik yaitu mendeskripsikan konsep kalimat tertutup dan kalimat terbuka, dan memotivasi peserta didik. (Saintifik: mengamati, menanya)
10 menit
Kegiatan Inti
1.    Untuk mendorong peserta didik terlibat aktif, bertanggung jawab, dan mampu bekerjasama dalam kegiatan kelompok, guru mengelompokkan peserta didik ke dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri atas 4peserta didik.
2.    Guru membagikan Lembar Kerja dan Materi Diskusi, setiap kelompok mendapat satu Lembar Kerja dan Materi Diskusi (terlampir).
3.    Peserta didik berdiskusi dan mengerjakan Lembar Kerja dan Materi Diskusi, sedangkan guru memantau dan membimbing kegiatan diskusipeserta didik.(Saintifik: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, dan mengasosiasikan)
4.    Guru mengamati keaktifan dan kerjasama kelompok. (PBL: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
5.    Salah satu kelompok diskusi diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan. (Saintifik: mengkomunikasikan)
6.    Guru meminta peserta didik untuk kembali ke tempat duduk semula.(Saintifik: mengkomunikasikan)
100 menit
Penutup
1.    Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat kesimpulan mengenai konsep kalimat terbuka dan kalimat tertutup.
2.    Guru memberi peserta didik kuis.
3.    Guru memberikan pekerjaan rumah berupa soal dari Buku Siswa kelas 7 Latihan2.1 halaman 66 nomor 1 dan 2.
4.    Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya adalah tentang konsep Persamaan Linear Satu Variabel.
5.    Guru memberikan pesan kepada peserta didik untuk selalu rajin belajar.
6.    Guru mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan salam.
10 menit

  1. Penilaian
Teknik Penilaian       : Pengamatan, Tugas Terstruktur, Tes Tertulis





Mengetahui                                                                             Karangrayung,   
Kepala SMP Islam  Karangrayung                                         Guru Mata Pelajaran,





Edi Suharjo, S.Pd                                                                 Sri Puryati
NIP.                                                                                        NIP.




Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
v Menemukan Konsep Kalimat Tertutup
Dua orang peserta didik, Toman dan Rizky sedang melakukan latihan percakapan menggunakan Bahasa Indonesia pada pelajaran Bahasa Indonesia. Percakapan kedua peserta didik itu sebagai berikut.
Toman: Siapakah presiden pertama Republik Indonesia?
Rizky: Presiden pertama Republik Indonesia adalah Ir. Soekarno.
Rizky: Siapakah pencipta lagu Indonesia Raya?
Toman: Pencipta lagu Indonesia Raya adalah Kusbini.
Rizky: Berapakah dua ditambah lima?
Toman: Dua ditambah lima sama dengan tujuh.
Rizky: Berapakah enam dikurangi satu?
Toman: Enam dikurangi satu adalah sepuluh.
Rizky: Lima ditambah berapa sama dengan sembilan?
Toman: Lima ditambah empat sama dengan sembilan.

Perhatikan kalimat-kalimat dalam percakapan Toman dan Rizky di atas. Kalimat-kalimat percakapan tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kelompok, yaitu
(1) Kelompok kalimat yang tidak dapat dinyatakan benar maupun salah, yaitu:
-        Siapakah presiden pertama Republik Indonesia?
-        Siapakah pencipta lagu Indonesia Raya?
-        Berapakah dua ditambah lima?
-        Berapakah enam dikurangi satu?
-        Lima ditambah berapa sama dengan sembilan?
Kalimat-kalimat ini merupakan kalimat pertanyaan (interogatif) sehingga tidak dapat dinyatakan benar atau salah.

(2) Kelompok kalimat yang dinyatakan benar, yaitu:
-        Presiden pertama Republik Indonesia adalah Ir. Soekarno.
-        Dua ditambah lima sama dengan tujuh.
-        Lima ditambah empat sama dengan sembilan.
(3) Kelompok kalimat yang dinyatakan salah, yaitu:
-        Pencipta lagu Indonesia Raya adalah Kusbini.
-        Enam dikurangi satu adalah sepuluh.
Kelompok kalimat (2) dan kalimat (3) merupakan kelompok kalimat berita (deklaratif) yang dapat dinyatakan benar saja atau salah saja dan tidak kedua-duanya. Kalimat yang dapat dinyatakan benar saja atau salah saja dan tidak kedua-duanya disebut dengan kalimat tertutup atau disebut juga pernyataan.
v Menemukan Konsep Kalimat Terbuka
Coba amati kalimat-kalimat berikut ini.
(1) Negara Republik Indonesia ibukotanya .
(2) Kota  terletak di Sulawesi.
(3) Dua ditambah  sama dengan delapan.
(4) .
(5) .
Perhatikan kelima kalimat tersebut. Kalimat-kalimat itu tidak dapat kita nyatakan benar atau salah sebab ada unsur yang belum diketahui nilainya.
Pada kalimat (1), unsur yang belum diketahui adalah . Jika  diganti ‘Jakarta’ maka kalimat itu bernilai benar, tetapi jika  diganti ‘Surabaya’ maka kalimat itu bernilai salah.
Pada kalimat (2), unsur yang belum diketahui adalah . Jika  diganti ‘Manado’ maka kalimat itu bernilai benar, tetapi jika  diganti ‘Medan’ maka kalimat itu bernilai salah.
Kalimat terbuka adalah kalimat yang belum dapat ditentukan nilai kebenarannya, bernilai benar saja atau salah saja karena memiliki unsur yang belum diketahui nilainya.

Variabel adalah simbol/lambang yang mewakili sebarang anggota suatu himpunan semesta. Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil.
Lampiran 2

Kelas               :
Kelompok       :
Nama               :
1.
2.
3.
4.

Lembar Kerja danMateri Diskusi

Mata Pelajaran         : Matematika
Materi                        : Persamaan Linear Satu Variabel dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel serta Aritmetika Sosial
Alokasi Waktu          : 50 menit.

I. KALIMAT TERTUTUP
Dua orang peserta didik, Toman dan Rizky sedang melakukan latihan percakapan menggunakan Bahasa Indonesia pada pelajaran Bahasa Indonesia. Percakapan kedua peserta didik itu sebagai berikut.
Toman: Siapakah presiden pertama Republik Indonesia?
Rizky: Presiden pertama Republik Indonesia adalah Ir. Soekarno.
Rizky: Siapakah pencipta lagu Indonesia Raya?
Toman: Pencipta lagu Indonesia Raya adalah Kusbini.
Rizky: Berapakah dua ditambah lima?
Toman: Dua ditambah lima sama dengan tujuh.
Rizky: Berapakah enam dikurangi satu?
Toman: Enam dikurangi satu adalah sepuluh.
Rizky: Lima ditambah berapa sama dengan sembilan?
Toman: Lima ditambah empat sama dengan sembilan.
Perhatikan kalimat-kalimat dalam percakapan Toman dan Rizky di atas.

(1) Manakahkalimat-kalimat yang dinyatakanbenar?

Jawaban:
(2) Manakahkalimat-kalimat yang dinyatakansalah?

Jawaban:
(3) Manakahkalimat-kalimat yang tidakdapatdinyatakanbenarmaupunsalah?

Jawaban:
(4) Kelompok kalimat (1) dan (2) merupakan kalimat tertutup atau disebut juga pernyataan. Apakah pengertian dari kalimat tertutup?

Jawaban:

(5) Buatlah 5 contoh kalimat tertutup.

Jawaban:
KESIMPULAN

Kalimat tertutup adalah____________________________________________________
______________________________________________________________________________________________________________________________________________
II. KALIMAT TERBUKA
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(a) Negara Republik Indonesia ibukotanya .
(b) Kota  terletak di Sulawesi.                     
(c) Dua ditambah  sama dengan delapan.
(d) .                                       
(e) .
(f) .
(g) Candi Borobudur terletak di Provinsi .
(h) .
Kalimat-kalimat tersebut tidak dapat dinyatakan benar atau salah sebab ada unsur yang belum diketahui nilainya.
Pada kalimat (a), unsur tersebut adalah x.
– Jika x diganti menjadi ‘Jakarta’ maka kalimat itu dinyatakan benar.
– Jika x diganti menjadi ‘Samarinda’ maka kalimat itu dinyatakan salah.
(1) Manakah unsur-unsur yang nilainya belum diketahui dari kalimat (b), (c), . . . , sampai dengan (h)?

Jawaban:
(2) Gantilahnilai-nilai yang belumdiketahuiitu agar menjadikalimat yangdinyatakanbenar!

Jawaban:
(3) Gantilah nilai-nilai yang belum diketahui itu agar menjadi kalimat yang dinyatakan salah!

Jawaban:
(4) Apabila unsur-unsur yang belum diketahui di atas disebut variabel, lalu apa yang dimaksud dengan variabel?

Jawaban:
(5) Apabila semua contoh kalimat di atas merupakan kalimat terbuka, maka apa yang dimaksud dengan kalimat terbuka?

Jawaban:
(6) Buatlah 5 contoh kalimat terbuka.

Jawaban:

KESIMPULAN

Kalimat tertutup adalah

Demikian artikel tentang RPP kalimat terbuka dan kalimat tertutup kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.