Saturday, March 24, 2018

CARA MEMILIH ASURANSI PENDIDIKAN YANG TEPAT UNTU ANAK

CARA MEMILIH ASURANSI PENDIDIKAN YANG TEPAT UNTU ANAK 

CARA MEMILIH ASURANSI PENDIDIKAN YANG TEPAT UNTU ANAK

Kali ini kita akan berbagi pada anda semua cara memilih asuransi pendidikan yang tepat untuk anak kita. Memiliki anak dan berharap ada jaminan pendidikan yang layak untuk anak menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Tidak ada yang tahu tentang nasib kita, mungkinkah kita masih bisa tetap mencari sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak? Bagaimana jika ada hal hal yang membuat kita harus berhenti bekerja, PHK, atau terjadi kecelakaan sehingga kita sudah tidak mampu lagi bekerja? Lalu siapa yang akan menjamin pemenuhan kebutuhan pendidikan anak anak kita. Ya asuransi adalah jawabannya.
Dengan adanya asuransi pendidikan setidaknya sudah mengurangi kerisauan kita akan masa depan anak anak kita. Lalu bagaimana cara memilih asuransi pendidikan yang tepat untuk anak kita. Mari kita simak ulasan berikut ini.
 Sebenarnya asurasi pendidikan anak itu apa? Pastinya kita sudah paham betul  salah satu pruduk asuransi yang menawarkan dana pendidikan anak adalah asuransi pendidikan. Tujuan utama asuransi ini adalah memberikan keamanan dan jaminan dana pendidikan anak.
Sebagaimana yang telah kami sebutkan diatas fungsi utama asuransi pendidikan adalah sebagai pelindung atau jamian pendidikan anak jika suatu saat ada hal hal yang tidak kita inginkan selaku pencari nafkah, bisa kecelakaan sehingga tak bisa lagi bekerja, bisa pailit dan PHK, kematian dan lain lain. Meskipun kondisi apapun kan tetap menjadi kewajiban kita untuk menjamin kesejahteraan anak terutama bidang pendidikan.
Ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan pruduk pruduk asuransi pendidikan untuk anak anak kita. Cara memilih asuransi yang tepat untuk anak kita adalah memilih asuransi yang sesuai dengan perencanaan keuangan kita. Berikut kami sajikan beberapa tawaran asuransi pendidikan anak.
1. Asuransi Dwiguna
Kelebihan dari asuransi dwiguna adalah pruduk asuransi ini memiliki selain jaminan asuransi juga memiliki tabungan. Tabungan yang ada di dalamnya dijamin. Pada asuransi  dwiguna berfungsi memberikan perlindungan untuk dana pendidikan anak jika terjadi risiko, serta tabungannya dapat digunakan sebagai dana pendidikan anak jika tidak terjadi risiko. Jadi dua duanya baik asuransi maupun tabungan bisa memback up kebutuhan pendidikan anak.
Kelemahan asuransi tipe ini adalah jumlah tabungan yang dijamin tidak bisa memberikan hasil yang besar. Maka oleh karena itu anda juga harus benar benar menginvestasikan dana pendidikan pada bidang yang lain. Hal ini bertujuan untuk memastikan keterpenuhan dana pendidikan anak yang semakin melambung. Jangan hanya mengandalkan jumlah tanggungan tabungan oleh pihak asuransi dwiguna. 
2. Asuransi Unit Link
Jika pada asuransi dwi guna menggunakan dua pilihan istimewa yakni asuransi + tabungan pada asuransi unit link ini juga memiliki keunggulan dalam segi pruduk yang ditawarkan yaitu asuransi +investasi.  Namun yang perlu digaris bawahi  Investasi yang terdapat dalam unitlink tidak dijamin dan dapat digunakan juga untuk membayar biaya asuransi yang ada.
Tidak ada jaminan investasi menyebabkan banyak kemungkinan. Bisa untung bisa rugi. Jika nilai investasi perusahaan sedang bagus maka nilai yang diinvestasikan pun juga meningkat sehingga kita akan untung. Namun jika perusahaan mengalami kebangkrutan atau penurunan maka kemungkinan nilai yang kita investasikan tidak sesuai dengan yang kita terima alias kita mengalami kerugian. 
3 Asuransi Berjangka (Term Life)
Tipe asuransi ini tak sama dengan asuransi dwiguna maupun unit link yang menawarkan pruduk tabungan maupun investasi namun asuransi ini hanya digunakan saat orang tua ingin mempersiapkan dana pendidikan anak mereka. Tipe asuransi ini dikenal dengan asuransi tradisional. .ASURANSI term life  dalam jangka waktu dimana orangtua sedang mempersiapkan dana pendidikan anak mereka.
Tujuan utama asuransi tem life adalaj guna mempersiapkan dana pendidikan anak menggunakan instrumen asuransi. Tipe asuransi term life atau  Asuransi berjangka hanya untuk melindungi dana pendidikan anak apabila terjadi risiko meninggal dunia kepada si tertanggung, yang biasanya adalah si pencari nafkah.

Nah ketiga tipe asuransi di atas adalah tipe tipe asuransi pendidikan anak, namun perlu di ingat ketiga diatas bukan pruduk akan etapi tipe perencanaan asuransi. Sekarang kita simak cara memilih asuransi pendidikan yang tepat untuk anak kita.

1. hitunglah kira kira dana pendidikan yang akan ditempuh anak anak kita.

Anak anda akan anda rencanakan sampai jenjang apa? Sarjana, magister doktoral atau bidang apa membutuhkan dana berapa? Pemikiran ini akan menjadi sangat penting sebagai peletak dasar pemilihan tipe asuransi pendidikan anak.
anda bisa merencanakan pendidikan anak kita kira kira akan anda sekolahkan dimana? kemudian anda cari tahu kira kira dana samapi anak selesai pendidikan besarannya berapa  juga ditambah kira kira inflasi biaya pendidikan berapa?

2. Menilai besarnya kemampuan keuangan kita.

setelah anda merencanakan tempat pendidikan anak dengan besarannya maka anda kira kira harus menabung berapa untuk diinvestasikan agar mencukupi kebutuhan pendidikan anak.  Anda harus menilai sendiri kira kira keungan anda mencukupi tidak untuk kebutuhan pendidikan anak anda sesuai dengan yang anda rencanakan.
 Ingat besar dana pendidikan anak akan sama dengan besar dana yang akan anda asuransikan untu pendidikan anak anda . Dalam hal ini, Anda harus memprioritaskan 2 hal, yang pertama ada investasi untuk dana pendidikan dan yang kedua ada asuransi pendidikan anak Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengevaluasi anggaran keuangan Anda, sehingga Anda mendapatkan sejumlah dana yang dapat diprioritaskan untuk membeli asuransi pendidikan anak.

3 Pilih Perencanaan Asuransi Pendidikan Anak Yang Sesuai
Pada tahap ini, Anda sudah mendapatkan sejumlah dana yang dapat digunakan untuk membeli asuransi pendidikan anak. Dana ini harus diprioritaskan karena dana ini akan terus digunakan untuk membayar premi asuransi pendidikan anak. Dana tersebut yang akan menjadi acuan Anda dalam menentukan pilihan asuransi pendidikan anak dan juga produk asuransi pendidikan anak yang sesuai.
Jika memang dana Anda terbatas, Anda dapat membeli asuransi term life yang dapat memberikan Anda pertanggungan yang besar dengan premi yang relatif lebih murah. Jika Anda memiliki dana lebih, maka Anda dapat memilih asuransi dwiguna atau asuransiunitlink untuk program perlindungan jangka panjang.
Ada beberapa yang harus Anda perhatikan dalam membeli produk asuransi pendidikan anak, diantaranya:
  • Pastikan Anda mempertimbangkan fasilitas dan manfaat, serta kekurangan, dari setiap pilihan perusahaan asuransi Anda.
  • Pastikan bahwa premi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.
  • Pastikan bahwa Anda mengetahui isi proposal atau penawaran asuransi sebelum Anda menandatanginya.
  • Pastikan program yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang dijanjikan.
  • Jika Anda membeli asuransi unitlink, pastikan Anda mengetahui pilihan asuransi tambahan (rider) yang ada yang dapat digunakan untuk memberikan manfaat lebih bagi Anda.

Pilihlah Sesuai Dengan Kebutuhan dan Kemampuan Anda
Dalam memilih asuransi pendidikan anak, yang terpenting adalah asuransi pendidikan anak Anda sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda dan dengan kemampuan finansial Anda. Setiap produk asuransi pendidikan pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tidak ada satu produk pun yang sempurna. Tetapi produk itu akan menjadi sempurna ketika produk asuransi pendidikan tersebut dapat menjawab kebutuhan anak Anda dan melindungi dana pendidikan anak Anda dari risiko-risiko yang mungkin datang. Selamat memilih asuransi pendidikan untuk anak Anda.
Baca Juga

No comments:

Post a Comment