Monday, May 7, 2018

Cara belajar soal psikotes CPNS

Cara belajar soal psikotes CPNS

Cara belajar soal psikotes CPNS

Beberapa instansi atau lembaga pemerintah menggunakan psikotes dan TKB selain tes kompetensi dasar atau tes potensi akademik untuk melakukan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil atau yang sekarang terkenal dengan aparatur sipil negara. Beberapa lembaga pendidikan kedinasan STAN dan yang lain juga menggunakan soal psikotes untuk seleksi masuknya. Bagi anda yang mendaftarkan diri pada lembaga lembaga tesebut, sudah seharusnya mulai detik ini belajar bagaimana menyelesaikan soal psikotes CPNS. Kami akan membantu anda memberikan cara belajar soal psikotes CPNS sehingga nanti memudahkan anda dalam menyelesaikannya.

Sebenarnya bagaimana sih cara belajar psikotes CPNS itu? itulah barangkali yang ada dalam benak saudara. Soal psikotes memiliki banyak ragam atau jenis. Antara lain 
1. soal tes CPNS model kode dan ingatan
tes ini untuk mengukur daya ingatan seseorang dalam menyimpan data atau memori dalam otaknya . Jika anda memiliki nilai yang tinggi berarti anda memiliki daya ingatan memori yang baik atau kuat. 
untuk menguasainya sudah kami rangkumkan cara belajar soal psikotes pada link dibawah ini. 

2. soal psikotes CPNS baum
sering dikenal dengan tree tes . tes ini dikembangkan oleh karl koch  yang dipublikasikan pada tahun 1959. Pada tes ini anda diminta menggambar sebuah pohon. Kadang kadang anda diminta untuk menggambar pohon tertentu semacam pohon apel jeruk dan lain lain atau kadang pohon tanpa buah.Terkadang pula anda diminta untuk menggambar pohon berkambium. Jadi kalau anda tidak mengenal jenis jenis pohon sudah pasti anda tidak akan lolos bukan? tujuan dari tes ini adalah untuk menggali karakter dan kepribadian peserta seleksi. Cara melihatnya dari bentuk gambar, kelengkapan unsur, kerapian, cara menggambar dan aspek lainnya.
silakan pelajari triknya pada link dibawah ini
3. soal psikotes CPNS model HTP (house tree person)
Pada tes ini anda diminta untuk menggambarkan sebuah pohon , rumah atau manusia. Hampir sama dengan tes baum pada intinnya. Pada tes ini akan di ukur beberapa aspek untuk melihat kepribadian seseorang. Misalkan saja anda diminta menggambar rumah maka dapat di lihat beberapa kharakter yang muncul pada pribadi anda.
a. Gambar dinding itu melambangkan aspek ego.
b. gambar atap melambangkan fantasi 
c. pintu dan jendela mewakili keterbukaan dalam interaksi dengan lingkungan
d. tanah pondasi mewakili penerimaan terhadap realita.
silakan pelajari triknya pada link dibawah ini

4. soal psikotes CPNS model DAP (Draw a man tes)

Hampir sama dengan tes Baum dan HTP soal psikotes ini juga mengukur kepribadian seseorang. pada tes ini anda diminta untuk menggambar seseorang. Pada tes ini tidak diminta bagus tidaknya gambar namun jauh lebih dari itu tes ini melihat beberapa aspek antara lain. 
proporsi ukuran aknggota tubuh yang artinya keseimbangan dengan realita.
kelengkapan anggota tubuh
detil gambar.
silakan pelajari triknya pada link dibawah ini

5. soal psikotes CPNS model wartegg
tes ini untuk menguji karakter kepribadian seseorang terutama pada bagian emosi, imajinasi, dinamis, kontrol dan reality function. Pada tes ini anda disuguhi 8 kotak gambar yang berisi coretan coretan yang belum diselesaikan. kemudian anda diminta untuk menyelesaikannya sesuka anda. 

silakan pelajari triknya pada link dibawah ini


6. Soal psikotes CPNS kraiplien-pauli
Tujuan tes ini adalah mengukur seseorang pada aspek keuletan atau daya tahan, kemauan atau kehendak individu, emosi, penyesuaian diri,  dan aspek stabilitas diri. Model tesnya adalah anda diminta mengerjakan hitungan sederhana saja. namun yang menjadi masalah adalah soal soal ini disediakan deretan angka yang banyak sepanjang koran sehingga kadang disebut tes koran. 
silakan pelajari triknya pada link dibawah ini

7. Soal Psikotes EPPS
Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur konsistensi dalam 15 kebutuhan pokok dan juga moticasi. Tidak ada jawaban benar maupun salah pada tes ini. bentuk soalnya biasanya anda akan disuguhi 2 pernyataan anda diminta memilih pernyataan tersebut sesuai dengan kepribadian anda.  untuk melihat contoh dan trik menyelesaikannya silakan anda unduh pada link ini

8. soal psikotes model armi alpha
Pada tes ini anda diminta untuk menggambar sesuatu dan dari gambar tesebut kemudian anda akan ditanyai beberapa pertanyaan yang ada hubungannya dengan gambar yang anda buat.
Atau juga model tes ini juga misalkan ada beberapa gambar anda diminta untuk mencoret gambar gambar yang ganjil atau genap.
contoh dan trik menyelesaikannya silakan anda unduh pada link ini

9. soal psikotes ketelitian
Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur kecermatan, ketelitian dan kehatihatian anda dalam memandang suatu masalah. bentuk soal tes ini  disajikan dua kolom dan dikedua kolom ada huruf huruf atau angka angka, anda diminta menunjukan apakah dalam sama antara kolom 1 dengan kolom 2. contoh dan trik menyelesaikannya silakan anda unduh pada link ini


10 soal psikotes gre
contoh dan trik menyelesaikannya silakan anda unduh pada link ini

Demikian artikel tentang cara belajar soal psikologi CPNS. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment