-->

Download soal skd cpns guru

Download soal skd cpns guru


Mengingat banyaknya permintaan soal soal SKD CPNS Guru kami sebagai admin akan memberikan kepada anda artikel lengkap ini. Soal SKD atau seleksi kompetensi dasar pada dasarnya terdiri dari 3 elemen penting yakni TWK, TIU dan TKP. Nah anda bisa download soal TKD CPNS guru dan lengkap dengan bagaimana cara mempelajarinya.

Informasi resmi penetapan formasi CPNS periode 2018 telah di lansir laman resmi kementrian pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dan jadwal Penyelenggaraannya juga sudah ditetapkan yaitu pendaftaran pada tanggal 19 September 2018. Oleh karena itu persiapan dan persiapan apa saja yang harus di ketahui oleh calon peserta seleksi CPNS 2018 dan bagaimana belajar soal SKD Guru 2018 mari kita lihat ulasannya pada website ini. 

soal skd cpns guru

Pemerintah lewat Kementerian PAN RB  telah memberikan penetapan dan klarifikasi resmi tentang  formasi pengadaan CPNS untuk tahun 2018. Diambil pada situs resmi KemenPANRB, kebutuhan formasi adalah 122.454. Masing masing formasi untuk memenuhi kebutuhan pada tenaga pendidik  atau guru , formasi instansi pemerintah pusat dan juga formasi  pemerintah daerah. 


Pemerintah telah resmi telah memberikan informasi tentang  persyaratan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) bagi itu untuk formasi guru dan tenaga kesehatan kategori 2 (honorer) dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 36 Tahun 2018 yang di muat per tanggal  30 Agustus 2018 lalu. 

Menurut Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenpan RB yaitu Setiawan Wangsaatmaja , beliau memberikan gambaran bahwa masing masing  peserta CPNS yang mengerjakan  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dituntut harus menyelesaikan 100 soal yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

1. Penilaian Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) 
Setiawan juga menginformasikan  bahwajumlah soal TWK 35 soal , soal TWK untuk mengukur pemahaman  dan kedalaman pengetahuan tentang nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. 

2. Penilaian Tes Intelegensia Umum (TIU) TIU 
Banyak soal pada TIU  adalah 30 soal, ditujukan untuk mengukur  intelegensia peserta seleksi. yang meliputi  kemampuan verbal dan kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan, intinya tentang sinonim, antonim dan analogi kata. pada bagian kedua  tes untuk mengetahui kecakapan numerik peserta dalam melakukan manipulasi dan mengetahui  hubungan di antara angka-angka dalam hal ini adalah tentang barisan dan deret, serta kemampuan aritmatika. Pada soal  TIU juga akan dinilai kecakapan menganalisis  figural yakni kecakapan  yang berhubungan dengan ketelitian dan kecepatan memahami dan  menganalisa gambar, simbol dan diagram. Dalam TIU juga akan dinilai kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis serta kemampuan mengurai suatu masalah. 

3. Penilaian Tes Karakteristik Pribadi Sedangkan soal golongan ke 3 atau TKP berisi 35 soal. TKP mencakup hal terkait pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan teknologi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri dan semangat berprestasi. Selain itu melalui TKP juga dapat dinilai sisi kreatifitas dan inovasi, orientasi pelayanan, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, serta bekerja tuntas dan mandiri. Dalam TKP juga dapat tergambar kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dengan kelompok serta menggerakan dan mengkoordinir orang lain. Secara khusus permepan tersebut mengatur pula tentang tenaga guru honorer yang ingin ikut dalam seleksi CPNS 2018. Syarat guru honorer atau Kategori 2 (K2) untuk dapat lulus CPNS 2018 yakni  memperoleh nilai kumulatif (gabungan) SKD paling sedikit 260 dan nilai TIU (Tes Intelegensi Umum) minimal 60.

soal skd cpns guru 2018 itu sendiri membutuhkan persiapan yang tidak mudah apalagi bila latar belakang guru lemah pada kecakapan numerik, figural dan kemampuan silogisma serta penalaran oleh karena itu jika anda ingin belajar ber kelanjutan maka silakan anda kunjungi web  

LihatTutupKomentar