-->

soal asli SKD CPNS 2018 dan pembahasannya

soal asli SKD CPNS 2018 dan pembahasannya

Seleksi kompetensi dasar CPNS 2018 sudah bergulir  dan sekarang masuk pada persiapan seleksi kompetensi bidang. Namun banyak sekali peserta yang gugur dalam Seleksi kompetensi dasar. Hal yang mendasari gugurnya sebagian besar peserta adalah soal soal TKP yang cenderung baru dan memiliki tingkat kesulitan tinggi. Pada kali ini saya mengajak anda semua untuk bernostalgia mengenang solitnya mengerjakan soal asli SKD CPNS 2018 dan pembahasan yang tepat bagaimana?

Bagian  soal SKD yang menjadi momok bagi peserta SKD CPNS 2018 adalah soal TKP atau tes karakteristik pribadi. tes ini menguji seberapa pantaskah anda untuk menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN). Dari sekian juta yang mendaftar dan melaksanakan seleksi kompetensi dasar ternyata secara nasional hanya 3 % yang lolos pasing grade. Passing grade yang ditetapkan pemerintah adalah TWK = 75, TIU = 80 dan TKP = 143. 
soal asli SKD CPNS 2018 dan pembahasannya

Berdasarkan pengalaman peserta yang telah mengikuti SKD CPNS 2018, untuk tingkat kesukaran materi tes wawasan kebangsaan (TWK) mengalami penurunan dari pada tahun 2017 dan 2014. Sementara TIU tingkat kesukarannya masih cenderung sama dengan tahun lalu. Dan yang paling tak di duga banyak partisipan SKD CPNS 2018 adalah tes TKP. Tes TKP yang seharusnya menjadi pendulang skor malah pada tahun ini menjadi momok yang menakutkan dan telah menjungkalkan sebagian besar peserta tes SKD. 

Sebenarnya baik soal TWK TIU maupun TKP pada tahun 2018 ini jika anda telah mengenal strateginya tentu bukanlah hal yang sulit untuk menembus passing grade. Bahkan soal TKP yang menjadi momok menakutkan pun bisa anda selesaikan dengan cerdas dalam waktu 15 menit saja untuk 35 soal TKP.  kok bisa???? ya istri saya telah mencoba formulai yang saya buat untuk menaklukkan soal tkp bahkan dia bilang selesai dalam 12 menit saja. Dan itu dilakukan tanpa baca soal. hmm heran kan?

Soal TIU juga banyak memakan korban, namun sebenarnya juga sebenarnya soal soalnya memiliki kisi kisi yang tak terlalu banyak. Anda bisa mengeceknya sendiri bagaimana bagian bagian materi pokok pada soal TIU. Jika anda dulu ketika SMP dan SMA minimal ingat pelajaran matematika maka hal tersebut bukan menjadi suatu masalah.

Oke nanti pada postingan selanjutnya akan kami buat formulasi formulasi dalam menghajar soal soal cpns 2018. Anda pada tahap ini akan saya sajikan soal soal asli SKD CPNS 2018 dulu. 
silakan download soal soalnya. silakan ada lakukan pembahasan dan tinggal tunggu sesi pembahasan pada postingan berikutnya.


Demikian artikel sederhana tentang soal asli SKD CPNS 2018 dan pembahasannya. Selamat belajar untuk cpns tahap selanjutnya.
LihatTutupKomentar