RPP kelas 9 Fungsi Kuadrat KK 2013 revisi 2019
Fungsi kuadrat adalah salah satu materi baru yang di ajarkan di kelas 9. Pada kurikulum sebelumnya yakni kurikulum 2006 atau KTSP materi fungsi kuadrat di hilangkan dan sekarang pada kurikulum 2013 di kembalikan kembali. Materi ini dirasa perlu untuk di ajarkan kembali mengingat perlunya materi ini untuk menyelesaikan permasalahan permasalahan matematika tingkat seolah menengah pertama (SMP). Untuk membantu bapak ibu akan kami bagikan RPP kelas 9 Fungsi Kuadrat KK 2013 revisi 2019 sebagai bahan rencana ajar.
RPP kelas 9 Fungsi Kuadrat KK 2013 revisi 2019 yang kami bagikan ini lengkap dan sangat relevan untuk anda. silakan anda lihat dulu cuplikan RPPnya dan jika anda membutuhkan filenya silakan anda download pada bagian bawah artikel.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Fungsi Kuadrat
Alokasi Waktu : 8 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
KI1
dan KI2:
Menghargai
dan menghayati
ajaran
agama yang
dianutnya.
Menghargai dan
menghayati
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara
efektif
sesuai
dengan perkembangan
anak di
lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
dan
kenegaraan
terkait fenomena
dan
kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif,
dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan
menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
|
Mengidentifikasi pengertian fungsi kuadrat
Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi kuadrat berdasarkan koefisiennya.
Menentukan sumbu simetri dan nilai optimum fungsi kuadrat
Memahami cara menggambar grafik fungsi kuadrat
Menentukan fungsi kuadrat dari berbagai informasi yang tersedia
Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian
permasalahan nyata dengan menggunakan fungsi
kuadrat
Memahami cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan
konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke
kanan, atau ke kiri)
|
4.3 Menyajikan fungsi kuadrat
menggunakan
tabel, persamaan, dan grafik
|
Menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
Menyajikan fungsi
kuadrat menggunakan tabel, persamaan,
dan grafik
|
3.4 Menjelaskan hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
|
Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan
diskriminannya (memotong sumbu koordinat Kartesius di
dua titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius,
tidak memotong sumbu koordinat Kartesius)
Mencermati cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan
konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke
kanan, atau ke kiri)
|
4.4 Menyajikan dan menyelesaikan masalah
kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat
fungsi kuadrat
|
Menyajikan hasil pembelajaran tentang fungsi kuadrat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
Mengidentifikasi pengertian fungsi kuadrat
Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi kuadrat berdasarkan koefisiennya.
Menentukan sumbu simetri dan nilai optimum fungsi kuadrat
Memahami cara menggambar grafik fungsi kuadrat
Menentukan fungsi kuadrat dari berbagai informasi yang tersedia
Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian permasalahan nyata dengan menggunakan fungsi
kuadrat
Memahami cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke kiri)
Menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan diskriminannya (memotong sumbu koordinat Kartesius di dua titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius, tidak memotong sumbu koordinat Kartesius)
Mencermati cara menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat
Menganalisis bentuk grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke
bawah, ke kanan, atau ke kiri)
Menyajikan hasil pembelajaran tentang fungsi kuadrat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
D. Materi Pembelajaran
Fungsi kuadrat dengan tabel, grafik, dan persamaan
Sifat-sifat fungsi kuadrat
Nilai maksimum
Nilai minimum
Pemecahan masalah melibatkan sifat-sifat fungsi kuadrat
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi Tahun
2015
Internet
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (30 Menit)
Guru : Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik,
maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Fungsi kuadrat dengan table
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|||
Kegiatan Inti ( 140 Menit )
|
|||
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Fungsi kuadrat dengan table
dengan cara :
Melihat (tanpa atau
dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Fungsi kuadrat dengan table.
Pemberian contoh-contoh materi Fungsi kuadrat dengan table untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Fungsi kuadrat dengan table.
Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Fungsi kuadrat dengan
table.
Mendengar
Pemberian materi Fungsi kuadrat dengan table oleh guru.
Menyimak
Penjelasan
pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Fungsi kuadrat dengan table
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari
informasi.
|
||
Problem
statemen
(pertanyaan/ identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Fungsi kuadrat dengan table
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai
dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
collection
(pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Fungsi kuadrat dengan table
yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
Membaca sumber
lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
|
|
Fungsi kuadrat dengan table yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Fungsi kuadrat dengan table
yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Fungsi kuadrat dengan table.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Fungsi kuadrat dengan table sesuai dengan
pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
Fungsi kuadrat dengan table
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara
yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan
belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|
Data
processing (pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data
hasil pengamatan dengan
cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :
Fungsi kuadrat dengan table
Mengolah informasi dari materi Fungsi kuadrat dengan table yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Fungsi kuadrat dengan
table.
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Fungsi kuadrat dengan table
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
|
||
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Fungsi kuadrat dengan table berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Fungsi kuadrat dengan table
Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Fungsi kuadrat dengan table dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas
presentasi tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang dilakukan
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
|
|
dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan
secara tertulis tentang materi :
Fungsi kuadrat dengan table
Menjawab pertanyaan tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan
dengan materi Fungsi kuadrat dengan table
yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Fungsi kuadrat dengan table
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
|
Catatan
: Selama pembelajaran Fungsi kuadrat dengan table berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (30 Menit)
|
|||
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Fungsi kuadrat dengan table yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Fungsi kuadrat dengan table
yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Fungsi kuadrat
dengan table.
Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada
materi pelajaran Fungsi kuadrat dengan table.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Fungsi kuadrat dengan table kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
silakan download RPP kelas 9 Fungsi Kuadrat KK 2013 revisi 2019