RPP persamaan Kuadrat kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019
Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran adalah salah satu tugas pokok dan fungsi guru atau pendidik. Jadi mari kita sebagai pendidik membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik sehingga mempermudah tugas kita dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa. Kali ini gilaran RPP persamaan Kuadrat kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019.
Silakan anda download RPP persamaan Kuadrat kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 pada link di bawah ini.
penampakan RPPnya di bawah ini karena banyak sekali RPP persamaan kuadrat yang belum di revisi dengan revisi terbaru.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 4 Satu Atap
Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Persamaan Kuadrat
Alokasi Waktu : 5 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A.
|
Ko
|
mpetensi Inti
KI1 dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan
regional.
|
|
|
KI3: Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis
dan
spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
|
|
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan
menyaji
secara kreatif,
produktif,
kritis,
|
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan
yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
|
Menjelaskan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan
kuadrat
Mengidentifikasi karakteristik persamaan kuadrat berdasarkan akar-akarnya. Misal: dua akar berbeda, satu akar tunggal, tidak memiliki akar real
Mengidentifikasi hasil jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
Menyajikan hasil pembelajaran persamaan kuadrat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
Menjelaskan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
Menganalisis faktor-faktor bentuk aljabar dalam
persamaan kuadrat, penyelesaian (akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan kuadrat
Mengidentifikasi karakteristik persamaan kuadrat berdasarkan akar-akarnya. Misal: dua akar berbeda, satu akar tunggal, tidak memiliki akar real
Mengidentifikasi hasil jumlah dan hasil
kali akar-akar persamaan kuadrat
Menyajikan hasil pembelajaran persamaan kuadrat
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
D. Materi
Pembelajaran
Persamaan kuadrat
Pemfaktoran persamaan kuadrat
Akar persamaan kuadrat
Penyelesaian persamaan kuadrat
Pemecahan masalah yang melibatkan persamaan kuadrat
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi Tahun
2015
Internet
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
|
|
mengenai
materi :
Persamaan kuadrat
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
|
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Persamaan kuadrat
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Persamaan kuadrat yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari
berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Persamaan kuadrat yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi
Persamaan kuadrat yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Persamaan kuadrat yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Persamaan kuadrat.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Persamaan kuadrat yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Persamaan kuadrat sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
Persamaan kuadrat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode
ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
Persamaan kuadrat
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
|
|
Mengolah informasi dari materi Persamaan kuadrat yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Persamaan kuadrat.
|
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Persamaan kuadrat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Persamaan kuadrat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Persamaan kuadrat
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag
materi
Persamaan kuadrat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Persamaan kuadrat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Persamaan kuadrat
Menjawab pertanyaan tentang materi Persamaan kuadrat yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Persamaan kuadrat yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Persamaan kuadrat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran Persamaan kuadrat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (30 Menit)
|
|||
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Persamaan kuadrat yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan
rumah untuk materi pelajaran Persamaan kuadrat yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada
pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Persamaan kuadrat.
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Persamaan kuadrat.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Persamaan kuadrat kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan Ketiga dan Keempat (5 x 40 Menit)
|
|||
Kegiatan Pendahuluan (30 Menit)
|
|||
Guru : Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Pemfaktoran persamaan kuadrat
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|||
Kegiatan Inti ( 140 Menit )
|
|||
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pemfaktoran persamaan kuadrat dengan cara :
Melihat (tanpa atau
dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja
materi Pemfaktoran persamaan kuadrat.
Pemberian contoh-contoh materi Pemfaktoran persamaan kuadrat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pemfaktoran
persamaan kuadrat.
Menulis
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Pemfaktoran persamaan
kuadrat.
Mendengar
Pemberian materi Pemfaktoran persamaan kuadrat oleh guru.
Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Pemfaktoran persamaan kuadrat
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari
informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Pemfaktoran persamaan kuadrat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan
|
2 . Pertemuan Ketiga dan Keempat (5 x 40 Menit)
|
|||
|
|
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai
dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|
Data
collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pemfaktoran persamaan kuadrat yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari
berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Pemfaktoran persamaan kuadrat yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi
Pemfaktoran
persamaan kuadrat yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pemfaktoran persamaan kuadrat
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Pemfaktoran persamaan kuadrat.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Pemfaktoran persamaan kuadrat yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pemfaktoran persamaan kuadrat sesuai
dengan
pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
Pemfaktoran persamaan kuadrat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil
pengamatan dengan
cara :
Berdiskusi tentang data dari
Materi :
Pemfaktoran persamaan kuadrat
Mengolah informasi dari materi Pemfaktoran persamaan kuadrat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Pemfaktoran persamaan
kuadrat.
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
|
2 . Pertemuan Ketiga dan Keempat (5 x 40 Menit)
|
|||
|
|
bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam
membuktikan tentang materi :
Pemfaktoran
persamaan kuadrat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Pemfaktoran persamaan kuadrat berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan.
Mempresentasikan hasil
diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
Pemfaktoran persamaan kuadrat
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pemfaktoran
persamaan kuadrat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Pemfaktoran persamaan kuadrat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Pemfaktoran persamaan kuadrat
Menjawab pertanyaan tentang materi Pemfaktoran persamaan kuadrat yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pemfaktoran persamaan kuadrat yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pemfaktoran persamaan kuadrat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi
pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran Pemfaktoran
persamaan kuadrat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur,
tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (30 Menit)
|
|||
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pemfaktoran persamaan kuadrat yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pemfaktoran persamaan kuadrat yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pemfaktoran
persamaan kuadrat.
Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pemfaktoran persamaan kuadrat.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pemfaktoran persamaan kuadrat kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
demikian RPP persamaan Kuadrat kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019