RPP bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar kurikulum 2013 revisi 2019
Kurikulum 2013 edisi revisi 2019 memberikan nuansa yang berbeda jika kita bandingkan dengan kurikulum yang sebelumnya. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada saudara semua RPP bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar kurikulum 2013 revisi 2019 untuk kelas 9 semester 1.
Bilangan berpangkat dan bentuk akar merupakan materi matematika yang di ajarkan pada kelas 9. Pembelajaran kelas 9 memang perlu di rancang sedemikian sehingga daya serap materi oleh siswa di harapkan akan meningkat. Rangcangan pembelajaran akan bernilai baik jika mampu menjadikan proses pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan bagi guru, bagi siswa dan bagi lingkungan sekolah. Artinya bahwa rancangan pembelajaran itu akan bisa dilaksanakan dan memberikan nuansa meaningfull.
Saudara bisa mengunduh rpp bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk kelas 9 kurikulum 2013 edisi revisi pada link berikut.
silakan anda lihat viewnya sebagai berikut.
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Alokasi Waktu : 8 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
KI1
dan KI2:
Menghargai
dan menghayati
ajaran
agama yang
dianutnya.
Menghargai dan
menghayati
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara
efektif
sesuai
dengan perkembangan
anak di
lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan
terkait fenomena
dan
kejadian tampak mata.
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif,
dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi
bilangan berpangkat bilangan rasional dan
bentuk akar, serta sifat-sifatnya
|
Mengidentifikasi konsep bilangan berpangkat
Mengidentifikasi notasi bilangan berpangkat
Memahami bilangan bentuk akar
Memahami cara menentukan nilai perpangkatan
Memahami pengertian notasi ilmiah (bentuk baku)
Mengidentifikasi Pangkat bilangan pecahan
Mengidentifikasi perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama
Mengidentifikasi perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat
Mengidentifikasi perpangkatan pada perkalian bilangan
Mengidentifikasi pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama.
Menyederhanakan operasi pada perpangkatan
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sifat-sifat operasi bilangan
berpangkat
bulat dan bentuk akar
|
Menyajikan hasil pembelajaran bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
Mengidentifikasi konsep bilangan berpangkat
Mengidentifikasi notasi bilangan berpangkat
Memahami bilangan bentuk akar
Memahami cara menentukan nilai perpangkatan
Memahami pengertian notasi ilmiah (bentuk baku)
Mengidentifikasi Pangkat bilangan pecahan
Mengidentifikasi perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama
Mengidentifikasi perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat
Mengidentifikasi perpangkatan pada perkalian bilangan
Mengidentifikasi pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama.
Menyederhanakan operasi pada perpangkatan
Menyajikan hasil pembelajaran bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-
sifatnya
D. Materi Pembelajaran
Bilangan berpangkat bilangan bulat (bilangan berpangkat bulat positif, sifat-sifat operasi bilangan berpangkat,
sifat perpangkatan bilangan berpangkat)
Bilangan berpangkat bulat negatif dan nol (bilangan berpangkat bulat negatif, bilangan berpangkat nol
Bentuk akar
Merasionalkan bentuk akar
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi Tahun
2015
Internet
|
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
Pemberian contoh-contoh materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan
bulat untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat.
Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep tentang bilangan
berpangkat bilangan bulat.
Mendengar
Pemberian materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat oleh guru.
Menyimak
Penjelasan
pengantar
kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari
informasi.
|
|||
Problem
statemen
(pertanyaan/ identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai
dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis
yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
collection
(pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan
bulat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang
disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber
lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sedang
dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep tentang bilangan
berpangkat bilangan bulat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
|||
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data
hasil pengamatan dengan
cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
Mengolah informasi dari materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan
bulat yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan
mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konsep tentang bilangan
berpangkat bilangan bulat.
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
|
||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat
bilangan bulat berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,
atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
Mengemukakan pendapat atas
presentasi yang dilakukan tentanag materi Konsep
tentang bilangan berpangkat bilangan bulat dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
Bertanya atas
presentasi tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat
bilangan bulat yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
Menjawab pertanyaan tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal
yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa
pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Konsep tentang bilangan
berpangkat bilangan bulat yang akan selesai
dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
1 . Pertemuan Pertama dan Kedua (5 x 40 Menit)
|
Catatan
: Selama pembelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat berlangsung, guru
mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
Kegiatan Penutup
(30 Menit)
|
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai
langsung diperiksa untuk materi pelajaran Konsep tentang
bilangan berpangkat bilangan bulat.
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Konsep tentang bilangan berpangkat bilangan bulat
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
Demikian artikel RPP bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar kurikulum 2013 revisi 2019