-->

RPP bidang kartesius kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2019

RPP bidang kartesius kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2019


Kali ini kita akan bahas bagaimana membuat rencana pelaksanaan pembelajaran RPP mata pelajaran matematika materi bidang kartesius. RPP bidang kartesius kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2019 ini kami dedikasikan kepada anda semua pengajar matematika SMP. 

kita lihat dulu view dari RPP bidang kartesius kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2019 berikut.
RPP bidang kartesius kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                              : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran                  : Matematika
Kelas/Semester                  : VIII / Ganjil
Materi Pokok                     : Bidang Kartesius
Alokasi Waktu                   : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit

A.   Kompetensi Inti
·       KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi  secara  efektif  sesuai  dengan  perkembangan  anak  di  lingkungan,  keluarga,  sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·       KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·       KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan  menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.   Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi



Kompetensi Dasar
Indikator
3.2      Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
·   Mengidentifikasi konsep diagram kartesius
·   Mengidentifikasi pembagian kuadran bidang kartesius
·   Mendeskripsikan langkah-langkah menggambar titik pada koordinat kartesius
·   Mengidentifikasi pengertian jarak antara dua titik pada bidang kartesius
·   Mendeskripsikan langkah-langkah menentukan jarak dua buah titik dalam bidang kartesius
·   Menetukan jarak antar dua titik
·   Menentukan luas daerah pada bidang kartesius
·   Menghitung luas suatu daerah pada peta
4.2      Menyelesaikan masalah yang berkaitan

dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius
·   Menyajikan hasil pembelajaran tentang koordinat Kartesius
·   Menyelesaikan masalah tentang bidang koordinat Kartesius










C.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
·     Mengidentifikasi konsep diagram kartesius
·     Mengidentifikasi pembagian kuadran bidang kartesius
·     Mendeskripsikan langkah-langkah menggambar titik pada koordinat kartesius
·     Mengidentifikasi pengertian jarak antara dua titik pada bidang kartesius
·     Mendeskripsikan langkah-langkah menentukan jarak dua buah titik dalam bidang kartesius
·     Menetukan jarak antar dua titik
·     Menentukan luas daerah pada bidang kartesius
·     Menghitung luas suatu daerah pada peta
·     Menyajikan hasil pembelajaran tentang koordinat Kartesius
·     Menyelesaikan masalah tentang bidang koordinat Kartesius

D.   Materi Pembelajaran
•     Bidang Kartesius
•     Koordinat suatu titik pada koordinat Kartesius
•     Posisi titik terhadap titik lain pada koordinat Kartesius

E Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan         : Saintifik
2.    Model                 : Discovery Based Learning
3.    Metode               : Demonstrasi

F Media Pembelajaran
1.    Laptop
2.    LCD
3.    Power Point
4.    Internet

G Sumber Belajar
1. Asari, Abdur Rahman, dkk.. (2017). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VIII. Edisi Revisi 2017.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet

1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru : Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
v  Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pengantar Bidang Kartesius
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )


Sintak Model
Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Pengantar Bidang Kartesius dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v  Mengamati
Ø  Lembar kerja materi Pengantar Bidang Kartesius.
Ø  Pemberian contoh-contoh materi Pengantar Bidang Kartesius untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v  Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengantar Bidang Kartesius.
v  Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengantar Bidang
Kartesius.
v  Mendengar
Pemberian materi Pengantar Bidang Kartesius oleh guru.
v  Menyimak

 
H Langkah-Langkah Pembelajaran


1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)


Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Pengantar Bidang Kartesius
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Pengantar Bidang Kartesius
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection (pengumpulan data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pengantar Bidang Kartesius yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v  Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengantar Bidang Kartesius yang sedang dipelajari.
v  Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pengantar Bidang Kartesius yang sedang dipelajari.
v  Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengantar Bidang Kartesius yang
telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v  Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Pengantar Bidang Kartesius.
v  Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Pengantar Bidang Kartesius yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
v  Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Pengantar Bidang Kartesius sesuai dengan pemahamannya.
v  Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Pengantar Bidang Kartesius
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :


1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)


v  Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Pengantar Bidang Kartesius
v  Mengolah informasi dari materi Pengantar Bidang Kartesius yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengantar Bidang
Kartesius.

Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Pengantar Bidang Kartesius
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Pengantar Bidang Kartesius berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Pengantar Bidang Kartesius
v  Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengantar
Bidang Kartesius dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v  Bertanya atas presentasi tentang materi Pengantar Bidang Kartesius yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Pengantar Bidang Kartesius
v  Menjawab pertanyaan tentang materi Pengantar Bidang Kartesius yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengantar Bidang Kartesius yang akan selesai dipelajari
v  Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengantar Bidang Kartesius yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Pengantar Bidang Kartesius berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:  nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v  Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengantar Bidang Kartesius yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengantar Bidang Kartesius yang baru diselesaikan.
v  Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar Bidang
Kartesius.
v  Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi

Silakan anda download filenya pada link dibawah ini

Demikian artikel tentang RPP bidang kartesius kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi 2019 semoga bermanfaat. 
LihatTutupKomentar