RPP relasi fungsi kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019
Memberikan pembelajaran yang berkualitas akan menghasilkan kompetensi siswa yang berkualitas pula. Cara terbaik agar pembelajaran bermanfaat adalah dengan memberikan perencanaan pembelajaran yang terbaik pula. Termasuk pula pada materi relasi fungsi kelas 8 kurikulum 2013 edisi revisi juga harus disusun suatu perencanaan atau skenario pembelajaran yang terbaik. Berikut kami sajikan RPP relasi fungsi kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019.
Berikut kami sajikan RPP relasi fungsi kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019 dengan harapan akan memberikan kepada anda gambaran pembelajaran yang baik.
silakan anda download RPP relasi fungsi pada link dibawah ini
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Relasi dan
Fungsi
Alokasi Waktu : 3 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara
efektif
sesuai
dengan perkembangan
anak
di
lingkungan, keluarga,
sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
· KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis
dan
spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
· KI4:
Menunjukkan
keterampilan
menalar, mengolah,
dan
menyaji
secara kreatif,
produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|
B. Kompetensi Dasar
Dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
· Menjelaskan contoh kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi.
· Menjelaskan beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan
· Menjelaskan macam-macam fungsi berdasarkan ciri-cirinya
· Menjelaskan nilai fungsi
dan
grafik fungsi pada koordinat Kartesius
· Menyajikan hasil pembelajaran relasi dan fungsi
D. Materi Pembelajaran
Relasi dan Fungsi
• Relasi
• Fungsi
atau pemetaan
• Ciri-ciri relasi dan fungsi
• Rumus fungsi
• Grafik fungsi
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Discovery Based Learning
3. Metode : Demonstrasi
F. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. LCD
3. Power Point
4. Internet
G. Sumber Belajar
1. As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2017). Matematika Jilid
I untuk SMP Kelas VIII. Edisi
Revisi 2017.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet
|
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)
|
|||
|
(pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan
tentang materi :
Ø Pengertian Relasi
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|
Data
collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pengertian Relasi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari
berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Pengertian Relasi yang
sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi
Pengertian Relasi yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian Relasi yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Pengertian Relasi.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Pengertian Relasi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Pengertian Relasi sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Pengertian Relasi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil
pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data dari
Materi :
Ø Pengertian Relasi
v Mengolah informasi dari materi Pengertian Relasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian Relasi.
|
||
Verification
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)
|
|||
|
(pembuktian)
|
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam
membuktikan tentang materi :
Ø Pengertian
Relasi
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil
diskusi tentang materi Pengertian Relasi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil
diskusi
kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Pengertian Relasi
v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag
materi
Pengertian
Relasi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Pengertian Relasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Ø Pengertian Relasi
v Menjawab pertanyaan tentang materi Pengertian Relasi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengertian Relasi yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengertian
Relasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran.
|
||
Catatan : Selama pembelajaran Pengertian Relasi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh
menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengertian Relasi yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan
rumah untuk materi pelajaran Pengertian Relasi yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengertian Relasi.
v Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengertian Relasi.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pengertian
Relasi kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan Kedua (3 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru : Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
2 . Pertemuan Kedua (3 x 40 Menit)
|
|||
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini
kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik,
maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Diagram panah
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
|||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Diagram panah dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja
materi Diagram panah.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Diagram panah untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Diagram panah.
v Menulis
Menulis resume dari
hasil pengamatan dan bacaan terkait Diagram panah.
v Mendengar
Pemberian materi Diagram panah oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Diagram panah
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Diagram panah
yang tidak dipahami
dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
||
Data
collection
(pengumpulan
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
|
2 . Pertemuan Kedua (3 x 40 Menit)
|
|||
|
data)
|
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Diagram panah yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari
berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Diagram panah
yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada
guru berkaitan dengan materi
Diagram panah yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Diagram panah
yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada
guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Diagram panah.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Diagram panah yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Diagram panah sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Diagram panah
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat
orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|
Data
processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi
mengolah data hasil
pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi tentang data dari
Materi :
Ø Diagram panah
v Mengolah informasi dari materi Diagram panah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung
dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai materi Diagram panah.
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Diagram panah
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
||
Generalization
(menarik
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
2 . Pertemuan Kedua (3 x 40 Menit)
|
|||
|
kesimpulan)
|
v Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Diagram panah berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Diagram panah
v Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Diagram panah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi tentang materi Diagram panah
yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Ø Diagram panah
v Menjawab pertanyaan tentang materi Diagram panah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya tentang
hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Diagram panah yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Diagram panah yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap
materi pelajaran.
|
|
Catatan : Selama pembelajaran Diagram panah
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang
point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Diagram panah yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan
rumah untuk materi pelajaran Diagram panah
yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Diagram panah.
v Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Diagram panah.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Diagram panah kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|