-->

Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019

Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019


Persamaan garis lurus adalah materi pelajaran matematika yang di ajarkan atau termuat pada kurikulum 2013 edisi revisi 2019 pada kelas 8 semester 1. Untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan dapat diterapkan dengan baik maka perlu di buat rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik pula. Untuk memfasilitasi bapak ibu dalam kaitan dengan pembuatan perencanaan pembelajaran tersebut kali ini akan kami bagikan Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019.

Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019 ini adalah hasil karya dari rekan rekan musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Grobogan. Tampilan cuplikan dari RPP ini adalah sebagai berikut. 
Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019


RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                              : SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata Pelajaran                   : Matematika
Kelas/Semester                  : VIII / Ganjil
Materi Pokok                     : Persamaan Garis Lurus
Alokasi Waktu                   : 3 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit

A Kompetensi Inti
·       KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi  secara  efektif  sesuai  dengan  perkembangan  anak  di  lingkungan,  keluarga,  sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·       KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat  teknis  dan  spesifik  sederhana  berdasarkan  rasa  ingin  tahunya  tentang  ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·       KI4:  Menunjukkan  keterampilan  menalarmengolah,  dan  menyaji  secara  kreatif,  produktif,  kritis, mandiri, kolaboratif,  dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengayang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar
Indikator
3.4      Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual
·   Memahami cara membuat tabel persamaan garis lurus
·   Menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y
·   Memahami cara membuat pasangan berurutan
·   Menggambar Persamaan Garis Lurus
·   Memahami definisi kemiringan garis lurus
·   Memahami definisi kemiringan persamaan garis lurus
·   Menjelaskan cara mengambar grafik melalui titik-titik koordinat.
·   Menjelaskan cara mengambar grafik melalui titik potong sumbu
4.4      Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus
·   Menyajikan hasil pembelajaran persamaan garis lurus
·   Menyelesaikan masalah yang terkait dengan persamaan garis lurus

 
B.   Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi


















C Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
·     Memahami cara membuat tabel persamaan garis lurus
·     Menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y
·     Memahami cara membuat pasangan berurutan
·     Menggambar Persamaan Garis Lurus
·     Memahami definisi kemiringan garis lurus
·     Memahami definisi kemiringan persamaan garis lurus
·     Menjelaskan cara mengambar grafik melalui titik-titik koordinat.
·     Menjelaskan cara mengambar grafik melalui titik potong sumbu
·     Menyajikan hasil pembelajaran persamaan garis lurus
·     Menyelesaikan masalah yang terkait dengan persamaan garis lurus

D Materi Pembelajaran
Persamaan Garis Lurus
•     Kemiringan
•     Persamaan garis lurus
•     Titik potong garis
•     Kedudukan dua garis

E.   Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan         :  Saintifik
2.    Model                 :  Discovery Based Learning

3.    Metode                :  Demonstrasi

F Media Pembelajaran
1.    Laptop
2.    LCD
3.    Power Point
4.    Internet

G Sumber Belajar
1. Asari, Abdur Rahman, dkk.. (2017). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VIII. Edisi Revisi 2017.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet

1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru : Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan
sehari-hari.
v  Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )


Sintak Model
Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan Alat) Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v  Mengamati
Ø  Lembar kerja materi Tokoh Persamaan Garis Lurus .
Ø  Pemberian contoh-contoh materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v  Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Tokoh Persamaan Garis Lurus .
v  Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Tokoh Persamaan Garis
Lurus .
v  Mendengar

 
H Langkah-Langkah Pembelajaran


1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)


Pemberian materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  oleh guru.
v  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang materi :
Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection (pengumpulan data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v  Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang sedang dipelajari.
v  Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang sedang dipelajari.
v  Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Tokoh Persamaan Garis Lurus
yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
v  Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Tokoh Persamaan Garis Lurus .
v  Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
v  Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi
dengan rasa percaya diri Tokoh Persamaan Garis Lurus  sesuai dengan pemahamannya.
v  Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)


1 . Pertemuan Pertama (2 x 40 Menit)

(pengolahan
Data)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data dari Materi :
Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus
v  Mengolah informasi dari materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Tokoh Persamaan Garis
Lurus .

Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus
v  Mengemukakan  pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Tokoh
Persamaan Garis Lurus dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v  Bertanya atas presentasi tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
Ø Tokoh Persamaan Garis Lurus
v  Menjawab pertanyaan tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Tokoh Persamaan Garis Lurus yang akan selesai dipelajari
v  Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Tokoh Persamaan Garis Lurus  berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap:  nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v  Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang baru dilakukan.
v  Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Tokoh Persamaan Garis Lurus  yang baru diselesaikan.
v  Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v  Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Tokoh Persamaan

Bapak ibu kami hanya memberikan cuplikan artinya hanya sedikit bagian yang kami berikan namun agar anda dapat membaca versi lengkapnya setelah download file pada link sebagai berikut.


Demikian artikel tentang Rpp Persamaan Garis lurus kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2019 semoga bisa  bermanfaat untuk kepentingan peningkatan pembelajaran. 
LihatTutupKomentar