RPP perbandingan berbalik nilai kurikulum 2013 revisi 2019
Perbandingan berbalik pada pelajaran matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2019 di ajarkan pada kelas 7 semester 2 dan merupakan kelanjutan dari materi perbandingan senilai. Untuk memberikan pembelajaran yang baik tentunya harus dengan perencanaan yang baik pula. banyak sekali guru yang hanya kopi paste hasil RPP dari MGMP atau website tertentu tanpa di sesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah masing masing. Oleh karena itu kesempatan ini akan kami uraikan RPP perbandingan berbalik nilai kurikulum 2013 revisi 2019 dengan harapan bisa digunakan sebagai acuan saudara untuk membuat atau menyesuaikan RPP dengan kondisi dan daya dukung sekolah serta peserta didik anda.
silakan anda lihat dan koreksi RPP perbandingan berbalik nilai kurikulum 2013 revisi 2019 berikut ini dan anda bisa download Rpp ini pada link di bawah ini
Review RPP sebagai berikut
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Kartika XII-1
Mata Pelajaran :
Metematika
Kelas/Semester :
VII (Tujuh)/II (Dua)
Materi Pokok :
Perbandingan
Sub Materi :
Perbandingan Berbalik nilai
Alokasi Waktu :
2 Jam Pelajaran ( 80 menit )
A. Kompetensi Inti
KI-1
|
:
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI-3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
KI-4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.8 Membedakan perbandingan senilaidan
berbalik nilai dengan menggunakan table data, grafik, dan persamaan
|
3.8.1 Mengidentifikasi
perbandingan berbalik nilai
3.8.2 Menghitung
perbandingan berbalik nilai
|
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
4.8.1 Menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I:
Setelah mengikuti
proses pembelajaran melalui diskusi kelompok peserta didik dapat:
1.
Mengidentifikasi perbandingan berbalik
nilai
2.
Menghitung perbandingan berbalik nilai
3.
Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari –hari yang berkaitan
dengan perbandingan berbalik nilai
Fokus pengembangan karakter :
Disiplin, tanggung jawab, mandiri,
kerjasama, tanggung jawab
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
Perbandingan
berbalik nilai
a.Identifikasi Perbandingan Berbalik
nilai
1, Seorang anak membeli
sebuah jeruk dengan harga Rp 3000, bila anak membeli 10 Buah jeruk, maka siwa
harus membayar Rp 3000. Artinya semakin banyak jeruk yang dibeli semakin banyak
uang yang harus dibayarkan ( Perbandingan senilai )
2. Hubungan antara banyak pekerja dan waktu
misal : suatu pekerjaan
dapat diselesaikan 10 orang dalam waktu 20 hari, bila dikerjakan 5 orang maka
akan selesai dalam waktu 40 hari, artinya
makin sedikit orang yang bekerja makin banyak waktu yang diperlukan (
Perbandingan berbalik nilai )
b. Menghitung Perbandingan berbalik nilai
misal harga 10 jeruk = y
1. Banyak
jeruk
harga jeruk
1
1000
10
y
Perbandingan senilai
1 1000
10 = y
1xy = 10x100
y = 10.000
Jadi harga 10 buah jeruk Rp 10.000
2 Misal waktu yang diperlukan 5 pekerja = n
hari
Banyak pekerja waktu
10 20
hari
5 n
hari
Perbandingan berbalik nilai
10 n
5 = 20 hari
5 x
n = 10 x20
5n = 200
n = 200
5
n = 40
3
Suatu persediaan makanan dapat dihabiskan
dalam waktu 60 hari oleh 10 ekor kambing, berapa hari yang diperlukan bila
mempunyai 20 ekor kambing untuk menghabiskan persediaan makan tersebut
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Mengerjakan buku siswa Matematika klas 7, semester 11 halaman 48 soal 3
3. Materi Pembelajaran Remedial
Mengulang penjelasan
tentang penyelesaian perbandingan berbalik nilai
E. Metode Pembelajaran
Pertemuan : Model Problem Based Learning
F. Media dan Bahan
1.
Media : Bahan tayang PowerPoint/Video
Sumber
Belajar : As’ari AR, dkk. 2017. Buku Siswa SMP /Mts
Matematika Kelas VII
Semester II, Jakarta: Kemdikbud. Halaman : 32 - 40, lingkungan
kelas/sekolah, dan internet
Langkah-langkah
Pembelajaran :
Pertemuan
1
Kegiatan
Pembelajaran
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
Model Problem Based Learning
|
||
Pendahuluan
|
1. Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar
(meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan
meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang
diperlukan
3. Peserta didik menerima informasi tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan
dengan materi Perbandingan.
4. Peserta didik menerima informasi tentang
kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,
metode penilaian yang akan dilaksanakan yang ditayangkan
5. Guru bertanya mencari informasi tentang
penerapan perbandingan dalam kehidupan
sehari -hari
6.
Guru mengaitkan Perbandingan senilai dan berbalik nilai
|
15
15 menit
|
Inti
|
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
1. Guru
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2. Peserta
didik dalam memperhatikan dan mengamati
penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan Perbandingan
senilai dan berbalik nilai
3. Peserta
didik dalam kelompok menerima informasi mengenahi perbandingan berbalik nilai
4. Guru
membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk, mengamati LK (LK berisi
tentang permasalaha yang berhubungan dengan perbandingan berbalik nilai )
5. Guru
memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan
permasalahan hal-hal yang belum dipahami dari masalah yang disajikan dalam LK
serta guru mempersilahkan peserta didik dalam kelompok lain untuk memberikan
tanggapan, bila diperlukan guru memberikan bantuan komentar secara klasikal
Langkah 2. Brainstorming
6. Peserta
didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk
yang ada dalam LK (misalkan: dalam LK berisikan permasalahan dan
langkah-langkah pemecahan serta meminta peserta didik dalam kelompok untuk
bekerja sama untuk menyelesaikan masalah berkaitan dengan perbandingan
berbalik nilai
7. Peserta
didik dalam kelompok melakukan brainstorming dengan cara sharing information,
dan klarifikasi informasi tentang perbandingan berbalik nilai
Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan
Data
8. Peserta
didik masing-masing kelompok dalam kelompok juga membahas dan berdiskusi
tentang permasalahan perbandingan berbalik nilai berdasarkan petunjuk LK
untuk
a.Mengidentifikasi hubungan perbandingan berbalik nilai
b.Menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
perbandingan berbalik nilai
(
contoh : Perbandingan Waktu dan kecepatan )
9. Peserta
didik melakukan eksplorasi seperti dalam poin 6, dimana mereka juga
diharapkan mengaitkan dengan kehidupan nyata
10. Guru
berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai
kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk
mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
11. Guru
memberikan bantuan kepada peserta didik dalam kelompok untuk masalah-masalah yang
dianggap sulit oleh peserta didik
12. Guru
mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan
dengan cermat dan teliti
Langkah 4. Berbagi Informasi dan
Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
13. Guru
meminta peserta didik untuk mendiskusikan cara yang digunakan untuk menemukan
semua kemungkinan pemecahan masalah terkait perbandingan berbalik nilai
14. Peserta
didik dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan guru untuk dapat
mengaitkan, merumuskan, dan menyimpulkan tentang Perbandingan berbalik
15. Peserta
didik dalam kelompok menyusun laporan hasil diskusi penyelesaian masalah yang
diberikan terkait dengan perbandingan berbalik nilai
Langkah 5. Presentasi Hasil
Penyelesaian Masalah
16. Beberapa
perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran
atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai
dari apa yang telah dipahami berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai
17. Peserta
didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganlaisis hasil
presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan
informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
Langkah 6. Refleksi
18. Peserta
didik melakukan reflesi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap,
komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait
dengan perbandingan berbalik nilai
19. Guru
memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
|
50 me 50 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan tugas
mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam menyelesaikan masalah matematika
yang berkaitan dengan Perbandingan berbalik
2.
Melaksanakan postes
terkait dengan perbandingan berbalik nilai
3.
Peserta didik
mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
4.
Untuk memberi penguatan
materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi
terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan
atau mencari di internet.
5.
Guru memberikan tugas
|
15 me 15 menit
|
TUGAS
MANDIRI
|
1. Sebuah baju harganya Rp 25,000, jika ibu membeli
satu losin baju, berapa ibu harus membyar
Soal : a. Tulis dalam bentuk perbandingan
b, Berapa ibu harus membayar
2. Tulislah dalam bentuk perbandingan berbalik nilai,kemudian
selesaikan , bila 20 kg beras dapat dihabiskan selama 40 hari. Berapa beras
yang diperlukan setiap harinya.
|
|
G. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Kompetensi Sikap
Spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar observasi
(Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
b.
Sikap Sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar observasi
(catatan jurnal)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian Diri
|
Lembar observasi
(catatan jurnal)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
3
|
Penilaian Antar Teman
|
Lembar observasi
(catatan jurnal)
|
Terlampir
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment
as learning)
|
Demikian artikel sederhana tentang RPP perbandingan berbalik nilai kurikulum 2013 revisi 2019 ini semoga anda bisa menjadikan apa yang kami bagikan ini sebagai inspirasi anda dalam membuat perencanaan pembelajaran di sekolah atau instansi lingkungan kerja anda.