-->

RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013

RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013


Matematika adalah pelayan bagi pelajaran yang lain, sebagai contoh nya adalah mata pelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial. Materi Matematika dan IPS ada kaitanya sebagaimana materi skala peta. Oleh karena itu maka untuk mendukung pembelajaran IPS maka pembelajaran matematika bab skala peta harus di berikan dengan maksimal sehingga kompetensi siswa tentang materi ini terpenuhi. Materi skala peta dan model disajikan pada pelajaran matematika tingkat atau kelas VII semester 2. Untuk melaksanakan layanan embelajaran yang baik maka kali ini kami akan membagikan kepada anda semua RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013. 

Perhatikan gambaran RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013 ini kemudian silakan anda download RPPnya pada bagian bawah artikel. Kami sudah menyediakan link download Rppnya. 

RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan  : SMP Kartika XII-1
Mata Pelajaran      : Metematika
Kelas/Semester       : VII (Tujuh)/II (Dua)
Materi Pokok          : Perbandingan
Sub Materi              : Skala, Peta dan Model
Alokasi Waktu        : 3 Jam Pelajaran  (120 menit )

A.    Kompetensi Inti

KI-1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
                      
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8   Membedakan perbandingan senilaidan berbalik nilai dengan menggunakan table data, grafik, dan persamaan
3.8.1 Menentukan skala pada peta dan model
3.8.2 Menentukan jarak sebenarnya dua kota apabila diketahui peta dengan skala tertentu
3.8.3 Menentukan jarak dua kota pada peta apabila diketahui jarak sebenarnya dan skala tertentu
3.8.4 Menentukan ukuran sebenarnya dari suatu benda apabila diketahui skala dan ukuran modelnya
3.8.5 Menentukan ukuran suatu model apabila diketahui skala dan ukuran sebenarnya

4.8   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai

4.8.1  Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan skala, ukuran sebenarnya dan ukuran benda model

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui simulasi, diskusi dan tanya jawab peserta didik dapat:
1.         Menentukan skala suatu peta dan model
2.         Menentukan jarak sebenarnya dua kota apabila diketahui jarakntya dalam peta.
3.         Menentukan jarak pada peta apabila jarak sebenarnya antara dua kota dan skala diketahui.
4.         Menentukan ukuran sebenarnya suatu model apabila diketahui ukuran modelnya.
5.         Menentukan ukuran model apabila suatu benda akan dibuat model dengan skala tertentu.
6.         Menyelesaikan masalahah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan permasalahan peta dan model

Fokus pengembangan karakter : Jujur, kerjasama, tanggung jawab


D.      Materi Pembelajaran
             1.     Materi Pembelajaran Reguler
a.    Skala pada peta


b.    Skala pada termometer

c.    Model (maket)


             2.     Materi Pembelajaran Pengayaan
Maket

             3.     Materi Pembelajaran Remedial
Skala

E.     Metode Pembelajaran
Model Problem Based Learning

F.      Media dan Bahan
1.   Media
:
Bahan tayang PowerPoint/Video
2.   Alat dan Bahan
:
Kertas plano, spidol

G.    Sumber Belajar
Sumber Belajar
:
As’ari AR, dkk. 2017. Buku Siswa SMP /Mts Matematika Kelas VII Semester II, Jakarta: Kemdikbud. Halaman : 32 - 40, lingkungan kelas/sekolah, dan internet


H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan  (3 x 40’)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.   Guru menyampaikan salam.
2.  Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.  Tujuan yang akan dicapai:
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu peserta didik akan menyelesaikan masalah yang terkait dengan perbandingan senilai yang berlaku di dalam peta yaitu skala
  4.     Apersepsi:
Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang bilangan pecahan.
5.  Manfaat:
      Guru menyampaikan manfaat materi ini dengan menjelaskan pemakaiannya dalam pelajaran matematika selanjutnya misalnya pada masalah kesebangunan.
 6.  Rencana kegiatan:
Guru menyampaikan bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah  problem based learning yaitu peserta didik akan belajar dengan cara melakukan penyelidikan, berkelompok  dan mempresentasikan hasil diskusi untuk menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan skala peta dan model
7.    Lingkup penilaian:
Pengetahuan dan Keterampilan
Teknik penilaian:
Tertulis
15 menit
Inti
Fase 1: Orientasi peserta didik pada masalah
Peserta didik diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
Guru membagikan Lembar Kerja yang seperti yang terdapat pada Buku Paket halaman 32 dan 33 kepada peserta didik yang berisi sebuah masalah, yaitu Jarak antara dua kota pada peta. Peserta didik diminta untuk membaca dan mencermati masalah tersebut.
Fase 2: Organisasi belajar
Dengan difasilitasi Guru, peserta didik memahami masalah dengan mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang perlu mereka ketahui, apa yang ditanyakan, apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah, dan mengajukan dugaan hasil penyelesaian masalah.
Fase 3: Penyelidikan individual maupun kelompok
Peserta didik melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan informasi yang terkait dengan masalah. Guru memfasilitasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kritis.


Fase 4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Peserta didik menuliskan hasil dari penyelesaian masalah.
Peserta didik menyajikan hasil diskusinya dengan cara tertulis dan dipresentasikan.

Fase 5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap proses penyelesaian masalah.
90 menit







Penutup

1.    Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat  kesimpulan mengenai perbandingan senilai pada peta (skala).
2.    Peserta didik mengerjakan quiz secara individual
3.    Peserta didik bersama-sama dengan guru merefleksi dari proses kegiatan dan hasil yang telah dilakukan.
4.    Guru memberikan soal untuk PR       .
5.    Guru menyampaikan materi selanjutnya yaitu skala pada kehidupan sehari-hari.
6.       Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
15 menit
Penugasan:
Kerjakan soal berlatih pada Buku Siswa halaman 39 mulai nomor 1 samapai dengan nomor 3
a.             

  
Pertemuan Kedua (2x40’)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.   Guru menyampaikan salam.
2.  Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.  Tujuan yang akan dicapai:
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu peserta didik akan menyelesaikan masalah yang terkait dengan skala
  5.     Apersepsi:
Dengan tanya jawab, guru mengecek pemahaman peserta didik tentang bilangan pecahan.
6.  Manfaat:
      Guru menyampaikan manfaat materi ini dengan menjelaskan pemakaiannya dalam pelajaran matematika selanjutnya misalnya pada masalah kesebangunan.
 7.  Rencana kegiatan:
Guru menyampaikan bahwa metode pembelajaran yang digunakan adalah  problem based learning yaitu peserta didik akan belajar dengan cara melakukan penyelidikan, berkelompok  dan mempresentasikan hasil diskusi untuk menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari contohnya skala termometer dan pengukuran tinggi pohon secara tidak langsung.
8.    Lingkup penilaian:
Pengetahuan dan Keterampilan
Teknik penilaian:
Tertulis
5 menit
Inti
Fase 1: Orientasi peserta didik pada masalah
Peserta didik diminta membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
Guru membagikan Lembar Kerja terkait dengan ukuran pada peta kepada peserta didik yang berisi sebuah masalah, yaitu Permasalahan perbandingan senilai yang ada di kehidupan sehari-hari Peserta didik diminta untuk membaca dan mencermati masalah tersebut.

Fase 2: Organisasi belajar
Dengan difasilitasi Guru, peserta didik memahami masalah dengan mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang perlu mereka ketahui, apa yang ditanyakan, apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah, dan mengajukan dugaan hasil penyelesaian masalah.

Fase 3: Penyelidikan individual maupun kelompok
Peserta didik melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan informasi yang terkait dengan masalah. Guru memfasilitasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kritis.




Fase 4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Peserta didik menuliskan hasil dari penyelesaian masalah.
Peserta didik menyajikan hasil diskusinya dengan cara tertulis dan dipresentasikan.

Fase 5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap proses penyelesaian masalah.
60 menit







Penutup

1.   Peserta didik bersama-sama dengan guru membuat  kesimpulan mengenai permasalahan skala dalam kehidupan sehari-hari
2.    Peserta didik mengerjakan quiz secara individual
3.    Peserta didik bersama-sama dengan guru merefleksi dari proses kegiatan dan hasil yang telah dilakukan.
4.    Guru memberikan soal untuk PR       .
5.    Guru menyampaikan materi selanjutnya yaitu perbandingan berbalik nilai
6.       Salah seorang peserta didik memimpin berdoa untuk menutup pelajaran.
15 menit
Penugasan:
Kerjakan soal berlatih pada Buku Siswa halaman 39 mulai nomor 4 sampai dengan nomor 10
b.             

Link download



Demikian artikel tentang RPP matematika skala Peta dan Model kurikulum 2013 semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar