Baik kawan kawan mari kita review Rpp Kemagnetan Ipa kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 ini dengan seksama. Mungkin kita bisa menggunakan Rencana pelaksanaan pembelajaran ini sebagai bahan inspirasi dalam pengembangan layanan pendidikan kita sebagai pendidik Ilmu Pengetahuan Alam.
silakan cek Rpp Kemagnetan Ipa kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 berikut.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran :IPA
Kelas /Semester : IX/ Genap
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Materi :
Kemagnetan
Alokasi Waktu : 15JP (6Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
No
|
Kompetensi
Inti
|
1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong),
santun, percaya diri,
dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
1
|
3.6
Menerapkan konsep
kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan
pemanfaatan medan
magnet, termasuk
dalam kehidupan
sehari-hari termasuk
pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
|
4.6
Membuatkarya
sederhanayang memanfaatkanprinsip elektromagnetdan/ atau induksi elektromagnetik
|
2
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3
|
3
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
3.6
3.6.1
Menjelaskan pengertian
magnet.
3.6.2
Membedakan feromagnetik,
paramagnetik, dan diamagnetik.
3.6.3
Menyebutkan contoh
feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
3.6.4
Menjelaskan 3 cara membuat
magnet.
3.6.5
Menjelaskan 3 cara menghilangkan
sifat magnet.
3.6.6
Menjelaskan teori
kemagnetan bumi.
3.6.7
Menyebutkan contoh-contoh
penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
3.6.8
Menjelaskan prinsip kerja
contoh-contoh penerapan Gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
3.6.9
Menjelaskan prinsip induksi
elektromagnetik.
3.6.10
Menyebutkan contoh-contoh
penerapan induksi elektromagnetik
dalam kehidupan sehari-hari.
3.6.11
Menjelaskan prinsip kerja
contoh-contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari.
3.6.12
Mengamati berbagai
bentuk magnet dan berbagai produk yang memanfaatkan elektromagnet atau
induksi elektromagnetik
3.6.13
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki sifat-sifat dan pembuatan
magnet
|
4
4.6
4.7
4.8
4.9
4.10
4.11
4.6.1
Mengidentifikasi
kutub-kutub kemagnetan bumi,
sudut deklinasi, dan sudut inklinasi
4.6.2
Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi besar gaya Lorentz dan mengumpulkan informasi mengenai peristiwa
induksi elektromagnetik dan transformator melalui percobaan.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Memehami arti magnet
Ø Menjelaskan konsep gaya magnet
Ø Menyebutkan jenis gaya magnet
2.
PertemuanKedua
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Memahami sifat-sifat magnet
Ø Mengetahui cara membuat magnet
Ø Membuat magnet sederhana
3.
PertemuanKetiga
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Memahami kemagnetan bumi
Ø Menjelaskan berbagai teori kemagnetan bumi
4.
PertemuanKeempat
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Menjelaskan gaya
lorentz
Ø Memahami induksi elektromagnetik
Ø Memahami transformator dalam kemagnetan
5.
PertemuanKelima
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Menjelaskan macam-macam teknologi yang memanfaatkan
kemahnetan
Ø Menyebutkan jenis-jenis produk teknologi kemagnetan
6.
PertemuanKeenam
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Mengetahui medan magnet yang digunakan oleh beberapa
hewan untuk bermigrasi
Ø Menyebutkan hewan yang memanfaat medan magnet
Fokus nilai-nilai sikap
1. Tanggung
jawab
2. Kedisiplinan
3. Kreatif
D.
Materi Pembelajaran
Reguler
1.
Pembelahan Sel
2.
Struktur dan Fungsi
Sistem Reproduksi pada Manusia
3.
Penyakit pada
sistem reproduksi manusia dan upaya pencegahannya
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode
pembelajaran : Diskusi, penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan
Tayang
G.
Sumber
Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku
Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku
Guru Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan
ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber
lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
( 3 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK)
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Pada semester ganjil
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Pengertian magnet
Ø
Konsep gaya magnet
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan
cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v
Mengamati
lembar kerja,
pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan materi
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
?
|
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
v Aktivitas
Ø Peserta didik melakukan penyelidikan sesuai
dengan aktivitas interaksi dua magnet. Kemudian berikanlah jawabannya.
v Berdiskusi
Ø Peserta didik melakukan
diskusi secara berkelompok (3-4orang) mengenai ciri-ciri yang terjadi pada
setiap ase pembelahan
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Pengertian magnet
Ø Konsep gaya magnet
|
|
90
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Pengertian magnet
Ø
Konsep gaya magnet
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magne
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan
cara :
v
Mengamati
lembar kerja,
pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan materi
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø
?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
v Aktivitas
Ø Untuk
menemukan sifat magnet peserta didik diminta untuk melakuan aktivitas
berikut dengan menggunakan bahan sebagai berikut
v Praktik
Ø Secara
berkelompok peserta didik diminta untuk membuat magnet dengan bahan-bahan dan
langkah berikut
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
v
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3
( 3 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Sifat-sifat magnet
Ø
Cara membuat magnet
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Kemagnetan bumi
Ø
Teori kemagnetan bumi
Ø
Gaya lorentz
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
dengan cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v
Mengamati
lembar kerja,
pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan materi
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Kemagnetan bumi
Ø
Teori kemagnetan bumi
Ø
Gaya lorentz
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø
?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
v Aktivitas
Ø Peserta
didik diminta untuk menentukan besar dan arah gaya lorentz
Ø Peserta didik untuk membuat karya tulis atau presentasi
menggunakan power point, gambar, atau medialainnyamengenai penerapan gaya lorentz
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Kemagnetan bumi
Ø Teori kemagnetan bumi
Ø Gaya lorentz
|
|
90
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
4. Pertemuan Ke-4
( 2 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Kemagnetan bumi
Ø
Teori kemagnetan bumi
Ø
Gaya lorentz
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
dengan cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v
Mengamati
lembar kerja,
pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan materi
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø
?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
v Aktivitas
Ø Peserta didik diminta untuk
menyelidiki peristiwa induksi elektromagnetik dengan langkah-langkah
berikut
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø
Gaya lorentzInduksi
elektromagnetik
Ø
Transformator
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Gaya lorentzInduksi
elektromagnetik
Ø
Transformator
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
5. Pertemuan Ke-5
( 3 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Induksi elektromagnetik
Ø
Transformator
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Kemagnetan dalam produk
teknologi
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
dengan cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Kemagnetan dalam produk
teknologi
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø
?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
v Saling tukar informasi tentang :
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø Kemagnetan dalam produk teknologi
|
|
90
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
6. Pertemuan Ke-6
( 2 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Kemagnetan dalam produk
teknologi
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
dengan cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø
?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Pemanfaatan medan magnet pada
migrasi hewan
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Ø Mempelajari buku teks dan
sumber lain tentang materi pokok
Ø Menyimak tayangan/demo
tentang materi pokok
Ø Menyelesaikan tugas yang
berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Ø Laporan tertulis individu/
kelompok
3) Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
1.
Pertemuan Pertama
(Terlampir)
2.
Pertemuan Kedua (Terlampir)
3.
Pertemuan Ketiga (Terlampir)
4.
Pertemuan Keempat (Terlampir)
5.
Pertemuan Kelima (Terlampir)
6.
Pertemuan Keenam (Terlampir)
3.
PembelajaranRemedial
dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai
KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas
dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum
mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik
yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai
berikut.
Ø Membuat magnet sederhana.
b.
Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai
materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas
mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai
kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang
membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø Peserta
didik secara berkelompok mencari info mengenai pergerakannaviga
si hewan yang memanfaatkan medan magnet
……………, Januari 2019
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
link download
Demikianlah artikel RPP kemagnetan kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2019 semoga anda bisa mengembangkan RPP ini agar kedepan semakin baik.