Bagian kedua materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 9 semester 2 adalah bioteknologi dan produksi pangan. Segera saja kita review Rpp bioteknologi dan produksi pangan kurikulum 2013 revisi 2019.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran :IPA
Kelas /Semester : IX/ Genap
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Materi :
Bioteknologi dan
Produksi Pangan
Alokasi Waktu : 10JP (4Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
No
|
Kompetensi
Inti
|
1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
No
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
1
|
3.7
Menerapkankonsep
bioteknologidan perannyadalam kehidupan manusia
|
4.7
Membuatsalahsatu
produk bioteknologi konvensionalyang ada di lingkungan sekitar
|
2
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3
|
3
3.1
3.2
3.3
3.4
3.5
3.6
3.7
3.7.1
Menjelaskan prinsip dasar
bioteknologi.
3.7.2
Menjelaskan perbedaan
prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional dan modern.
3.7.3
Mengidentifikasi penerapan
bioteknologi konvensional dalam memenuhi kebutuhan pangan di kehidupan sehari
hari
3.7.4
Mengidentifikasi
sumber-sumber agen bioteknologi dan produk yang dihasilkan
3.7.5
Mengidentifikasi penerapan
bioteknologi modern atau memenuhi kebutuhan pangan di kehidupan sehari
hari
3.7.6
Menjelaskan prinsip
rekayasa genetik dan hasilnya produk.
3.7.7
Menjelaskan keuntungan dan
kerugian dari penerapan bioteknologi dalam bidang pangan
|
4
4.7
4.8
4.9
4.10
4.11
4.12
4.7.1
Membuat produk pangan
dengan menggunakan bioteknologi konvensional.
4.7.2
Menyajika hasilproduk pangan dengan menggunakan bioteknologi konvensional
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Menjelaskan arti bioteknologi
Ø Memahami prinsip dasar bioteknologi
2.
PertemuanKedua
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Memahami arti bioteknologi konvensional
Ø Menyebutkan berbagai produk bioteknologi konvensional
Ø Memahami arti bioteknologimodern
Ø Menyebutkan produk bioteknologi modern
Ø Membuat salah satu produk bioteknologi baik konvensional maupun modern
3.
PertemuanKetiga
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Menyebutkan dampak bioteknologi terhadap lingkungan
Ø Menjelaskan pengembangan bioteknologi bidang lingkungan
Ø Menyebutkan dampak bioteknologi terhadap kesehatan
Ø Menjelaskan pengembangan bioteknologi bidang kesehatan
4.
PertemuanKeempat
Setelah
mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran
pesertadidik dapat:
Ø Menyebutkan dampak bioteknologi terhadap sosial
Ø Menjelaskan pengembangan bioteknologi bidang sosial
Ø Menyebutkan dampak bioteknologi terhadap ekonomi
Ø Menjelaskan pengembangan bioteknologi bidang ekonomi
Fokus nilai-nilai sikap
1. Tanggung
jawab
2. Kedisiplinan
3. Kreatif
D.
Materi Pembelajaran
Reguler
1.
Bioteknologi dan
manfaatnya dalam produksi pangan
2.
Dampak penerapan
dan pengembangan bioteknologi
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode
pembelajaran : Diskusi, penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1. Media
LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan
Tayang
G.
Sumber
Belajar
1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku
Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Buku
Guru Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Modul/bahan
ajar,
4.
Internet,
5.
Sumber
lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
( 3 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Pada pertemuan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø
Prinsip dasar bioteknologi
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan
cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø Bagaimana proses yag terjadi sampai terbentuk
makanan berupa tapedan tempe?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø Prinsip dasar bioteknologi
|
|
90
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
Ø Peserta didik untuk membuat tape dengan bantuan orang
tua atau orang-orang di sekitar mereka, sehingga peserta didik sudah
mengetahui tahap-tahap dalam pembuatan tape. Setelah peserta didik membuat,
tape dibawa ke sekolah untuk dilakukanpengamatan dan dilakukan analisis
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Pengertian bioteknologi
Ø
Prinsip dasar bioteknologi
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan
cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v
Mengamati
lembar kerja,
pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan materi
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø
?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
v Aktivitas
Ø
Ada banyak bahan pangan yang
memanfaatkan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Coba kamu cari,
makanan atau mikroorganisme yang berperan dalam produksi makanan
atauminuman tersebut. Tulislah pada tabel di bawah ini hasil observasi
v Berdidkusi
Ø
Peserta didik melakukan
diskusi kelas mengenai bioteknologi modern serta rekayasa genetika,
selanjutnya guru emberi tugas pada peserta didik untuk melakukan diskusi
mengenai jagung transgenik. Sebelumnya guru membimbing peserta didik
untukmembentuk kelompok, setiap kelompok berisi 3-4 orang. Kemudian
mendiskusikan mengidentifikasi teknik pembuatan jagung transgenik
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
v
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
3. Pertemuan Ke-3
( 3 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Bioteknologi konvensional
Ø
Bioteknologi modern
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi
dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
dengan cara :
v
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan
gambar/foto/tabel berikut ini
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø
Dampak penerapan dan pengembangan
bioteknologi pada bidang kesehatan
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
untuk melatih kesungguhan,
ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø
?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik
mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
v Berdikusi
Ø Peserta
didik diminta untuk mendiskusikan dampak penerapan bioteknologi bagi
lingkungan dan kesehatan
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Dampak penerapan dan pengembangan
bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø Dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi
pada bidang kesehatan
|
|
90
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
15
menit
|
4. Pertemuan Ke-4
( 2 x 40menit )
|
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang lingkungan
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang kesehatan
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan
bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya
dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari
pelajaran yang akan dipelajari.
v Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman
belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Orientasi peserta
didik kepada masalah
|
Mengamati
Peserta didik
diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
dengan cara :
v
Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
v
Mendengar
pemberian materi
oleh guru yang berkaitan dengan
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
v
Menyimak,
penjelasan
pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai :
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Mengorganisasikan
peserta didik
|
Menanya
Guru memberikan
kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin
pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab
melalui kegiatan belajar, contohnya :
v
Mengajukan
pertanyaan tentang :
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya:
Ø
?
|
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
|
Mengumpulkan
informasi
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v
Membaca
sumber lain selain buku teks,
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk
mencari dan membaca artikel tentang
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
v
Mengumpulkan
informasi
Mengumpulkan
data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
v Berdiskusi
Ø Peserta
didik diminta untuk mendiskusikan dampak penerapan bioteknologi bagi sosial
dan ekonomi
v Saling tukar informasi tentang :
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
dengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Mengkomunikasikan
Peserta didik
berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan
v
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
tentang :
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
v
Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v
Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain
diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
v
Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru
melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji
kompetensi yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara
individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengasosiasikan
Peserta didik
menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran
tentang: ……
v
Mengolah
informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan
sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan
informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
v
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang sosial
Ø
Dampak penerapan dan
pengembangan bioteknologi pada bidang ekonomi
|
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan projek
dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
- Mengagendakan pekerjaan
rumah.
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10
menit
|
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Ø Mempelajari buku teks dan
sumber lain tentang materi pokok
Ø Menyimak tayangan/demo
tentang materi pokok
Ø Menyelesaikan tugas yang
berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Ø Laporan tertulis individu/
kelompok
3) Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
1.
Pertemuan Pertama
(Terlampir)
2.
Pertemuan Kedua (Terlampir)
3.
Pertemuan Ketiga (Terlampir)
4.
Pertemuan Keempat (Terlampir)
3.
PembelajaranRemedial
dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai
KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas
dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum
mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik
yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai
berikut.
Ø Membedakan prinsip bioteknologi konvensional dan modern
b.
Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai
materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas
mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai
kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang
membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø
Melakukan percobaan untuk
membuat produk bioteknologi konvensional, misalnya membuat tape, tempe, atau
yoghurt
……………, Januari 2019
Mengetahui
Kepala SMPN/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
link download
Semoga Rpp bioteknologi dan produksi pangan kurikulum 2013 revisi 2019 ini bisa bermanfaat untuk anda. amin