-->

6 Metode buat Menang dalam Transformasi Digital di Indonesia


6 Metode buat Menang dalam Transformasi Digital di Indonesia


6 Metode buat Menang dalam Transformasi Digital di Indonesia


TRANSFORMASI DIGITAL DI INDONESIA Terus menjadi Menampilkan TARINGNYA, Serta BANYAK INDUSTRI Dan BISNIS YANG Berganti Ekstrem DEMI Memperoleh‘ SEPOTONG PIE’ YANG Berikan KEUNTUNGAN.

Kenapa? Transformasi digital di Indonesia hendak bawa lebih banyak pendapatan, efisiensi serta produktivitas yang lebih besar, serta pastinya pengalaman pelanggan yang lebih memuaskan.

Bagaikan hasilnya, transformasi digital saat ini jadi perihal biasa yang baru. Transformasi digital diperlukan buat senantiasa bisa bersaing di pasar yang menampilkan terdapatnya kenaikan permintaan pelanggan.

Dengan bergabung di dalam kolam digital, Indonesia diharapkan bawa perkembangan ekonomi ke tingkat yang lebih besar– prediksinya merupakan mempunyai akibat ekonomi sebesar US$150 miliyar( 10% PDB) tiap tahun pada 2025.

Dalam postingan ini, ayo kita amati gimana industri hendak memenangi transformasi digital di Indonesia, prediksi masa depan, apa yang dicoba pemerintah Indonesia buat menunjang revolusi ini, serta kisah- kisah keberhasilan industri rintisan digital.

1. Pahami Transformasi Digital di Indonesia

Buat bisnis- bisnis di Indonesia yang memilah buat menerima pergantian dengan menolak buat tertinggal di balik yang lain serta menikmati keuntungannya, masa depan yang panjang serta terang menanti.

Tetapi, revolusi digital masih terkategori lumayan baru di Indonesia, serta karenanya masih terdapat banyak peluang terbuka lebar untuk investor serta pengusaha.

Bagi McKinsey&Company serta studi mereka terhadap 20 pasar terpilih di dunia, Indonesia masih terletak di sesi dini digitalisasi.

Ini kenyataan yang menarik—walaupun masih di sesi dini digitalisasi, populasi Indonesia dipertimbangkan bagaikan yang sangat aktif sehubungan dengan pengguna digital serta Indonesia ialah salah satu pusat industri rintisan terbanyak di dunia.

2. Strategi Transformasi Digital

Bila tidak mewujudkan inisiatif transformasi digital jadi strategi yang baik, industri ditakdirkan kandas di dalam game ini. Bisnis bisa fokus pada cara- cara berikut buat tingkatkan kesempatan menang mereka.

Merancang Pengalaman yang Berorientasi Pelanggan

Pengalaman pengguna yang mengasyikkan, bisa dipersonalisasi, kilat serta interaktif merupakan apa yang dicari oleh mayoritas pelanggan.

Pengalaman- pengalaman ini bisa dicapai lewat pengembangan invotatif serta desain yang lembut. Contoh industri ternama merupakan Google, Facebook, Disney, Starbucks, dll.

Mengaitkan Strategi Antar Channel

Pada era saat ini ini, pelanggan berhubungan dengan industri lewat bermacam tipe channel, dari toko raga sampai web online, dari layanan pelanggan sampai media sosial, serta masih banyak lagi.

Channel online ataupun offline berarti untuk pelanggan buat memperoleh pengalaman pengguna terbaik.

Memfasilitasi Big Informasi buat Keputusan Tepat

Jumlah informasi berkembang secara kasar namun tidak menampilkan terdapatnya isyarat penyusutan. Dengan arahan khusus, industri saat ini bisa memakai big informasi buat menganalisis permasalahan serta mengambil keputusan lekas.

Menguatkan Cybersecurity

Pada masa digital ini, properti intelektual serta informasi bisnis jadi peninggalan berharga industri. Oleh karenanya, ini pula berarti cybersecurity jadi terus menjadi berarti buat melindungi peninggalan digital industri.

3. Perhatikan Prediksi Masa Depan buat Transformasi Digital

Bagi survei IDC, industri serta bisnis yang terus berpacu dengan transformasi digital di Indonesia melaksanakan 2 kali lebih baik daripada mereka yang terlambat mengadopsi.

IDC pula menggarisbawahi 10 prediksi utama teknologi paling atas yang membuat industri Indonesia melaksanakan kenaikan serta menguatkan inovasi digital mereka.

Di dasar kepemimpinan Presiden Jokowi serta administrasinya, Indonesia mempunyai visi buat menggapai nilai pasar sebesar US$ 130 miliyar pada 2020, jadi ekonomi digital terbanyak di Asia Tenggara.

Buat mewujudkan visi ini, pengeluaran TIK( Teknologi Data serta Komunikasi) di Indonesia oleh karenanya diperkirakan menggapai IDR 443 triliun pada 2018.

10 prediksi paling atas buat transformasi digital yang hendak membagikan akibat besar terhadap seluruh pemangku kepentingan dan negeri merupakan:

Momen Kritikal Ekonomi Digital

Minimum 40% PDB Indonesia diprediksi hendak didigitalisasi pada 2021. Investor kemudian hendak memfasilitasi ekosistem digital, platform, nilai informasi serta keterlibatan karyawan buat mengukur nilai segala bisnis.

Platform Transformasi Digital

2 puluh persen industri hendak memenuhi serta mengimplementasikan strategi transformasi digital buat bersaing dalam ekonomi digital.

Awan( cloud) Terbaru serta Meningkat

Layanan awan hendak lebih terdistribusi serta terspesialisasi pada 2021. Total pengeluaran buat layanan awan dan piranti keras serta lunaknya diperkirakan menggapai US$ 266 juta pada dikala itu.

AI Jadi Perihal Wajar yang Baru

Dekat 10% rencana serta strategi transformasi digital hendak menggunakan layanan kecerdasan buatan pada 2021– 20% aplikasi komersial kecerdasan buatan, 30% klien berbicara lewat robot kecerdasan buatan, serta 5% industri robot kecerdasan buatan baru.

Aplikasi yang Scalable

Aplikasi industri hendak dibentuk dengan arsitektur hyper- agile serta scalable. Misalnya, pengembangan aplikasi di plaftorm awan( aPaaS).

Interface Human- Digital( HD)

2021 merupakan tahun yang besar. Pada dikala itu, interface HD hendak meluas dengan lebih banyak pengalaman yang dipersonalisasi. Misalnya, teknologi field- service serta pekerja kabar memakai suara dalam aplikasi telepon genggam baru bagaikan interface utama, serta industri memakai sensor biometrik buat menguatkan kenyataan.

Blockchain

Lebih dari 10% organisasi di Indonesia hendak memakai layanan blockchain yang jadi digital trust pada 2021. Tidak hanya itu, 20% industri rantai pasok serta 20% bank hendak memakai jaringan blockchain dalam penciptaan mereka.

Ekosistem API Terbuka

Dekat 50% bisnis di Indonesia hendak mempunyai interaksi layanan digital( dekat 20%) langsung dari ekosistem API terbuka mereka.

Meningkatnya Jumlah Developer

Tool pengembangan dikala ini sudah tingkatkan jumlah pengembang non- teknologi dalam sebagian tahun belum lama. Pada 2027, Indonesia diprediksi 50% fitur aplikasi baru yang diciptakan pengembang.

Lebih Banyak Penyedia Data

5 belas persen bisnis di Indonesia hendak mendapatkan pendapatan dari data- as- a- service( DaaS) pada 2020– kenaikan tajam dari cuma 2% pada 2017.

4. Pelajari Upaya serta Sokongan Pemerintah Indonesia

Transformasi digital di Indonesia merupakan gabungan upaya antara pemerintah Indonesia serta tubuh swasta.

Paling utama pemerintah Indonesia, mereka berfungsi sangat berarti dalam perkembangan pesat ini dengan keinginan keras buat memusatkan negeri ke digitalisasi.

Salah satu usaha terbaik yang dicoba pemerintah Indonesia merupakan implementasi khasiat IoT( Internet of Things) di salah satu kota pintar di Indonesia– Bandung.

Pemerintah lokal sudah menghasilkan lebih dari 100 aplikasi buat menolong penduduk, yang pada dikala bertepatan pula tingkatkan efisiensi serta produktivitas pemerintah.

GAMPIL ialah salah satu aplikasi terkenal yang mempermudah usaha kecil buat mengajukan izin. Ini hendak menolong mereka menjauhi antrian panjang serta korupsi.

Tidak hanya itu, e- budgeting yang jelas di Bandung menolong kota tersebut mengirit US$200 juta pada 2016.

5. Pahami Kegagalan Digitalisasi Perusahaan

Permasalahan transformasi digital tidak seluruhnya berakhir indah serta manis. Industri berisiko mengacaukan peluang yang terdapat serta masa depan yang menjanjikan bila mereka salah metode dalam mengalami transformasi digital.

Inilah kesalahan- kesalahan yang wajib dihindari:

Mendigitalisasi Segalanya

Kesalahan terbanyak yang menimbulkan gagalnya transformasi digital merupakan mendigitalisasi nyaris segalanya. Misalnya, digitalisasi manufaktur.

Tidak segalanya wajib didigitalisasi, meski memanglah dapat dicoba. Pelajari workflow Kamu serta analisis bagian mana dari proses yang butuh ditingkatkan dengan digitalisasi.

Kumpulkan Beberapa Besar Data

Mayoritas waktu, industri hendak mengumpulkan beberapa besar informasi tanpa fokus serta tidak ketahui hendak diapakan informasi tersebut.

Bagaikan hasilnya, menganalisis informasi dalam jumlah besar menghabiskan banyak waktu serta usaha, sehingga bisnis Kamu malah jadi tertinggal di balik.

Pakai Informasi yang Besar buat Tingkatkan Nilai serta Pemasukan

Tanpa fokus serta arah, kumpulan informasi semata tanpa rencana yang mantap buat menunjang proses digitalisasi tidak hendak menolong industri mendapatkan pendapatan serta tingkatkan nilai.

6. Terus Berpacu dengan Inovasi Digital

Buat jadi salah satu pemenang pada masa digital dengan menggunakan sebaik- baiknya peluang digital, rute inovatif wajib dipertimbangkan, paling utama untuk bisnis tradisional.

Industri tradisional ataupun bereputasi sanggup mengganti serta menghasilkan nilai dengan 3 aspek berarti:

1. Inovasi produk serta jasa

2. Transformasi model bisnis

3. Revisi proses bisnis

Cerita Sukses Digital

Tren transformasi digital mendapatkan banyak momentum di Indonesia sebab banyaknya cerita sukses, bersamaan dengan kenaikan efisiensi bisnis serta perkembangan pendapatan kotor.

Sebagian industri besar yang sukses menggunakan peluang digital merupakan Emtek, Telkomsel, Lippo Group, Bank Mandiri, serta GO- JEK.

Emtek merupakan industri media serta Internet yang populer sebab mempunyai jaringan tv serta mentansformasi Blackberry Messenger jadi platform pembayaran mobile yang melayani 63 juta klien di Indonesia.

Telkomsel memainkan peranan berarti dalam komunikasi telepon genggam, mempermudah karyawan melaksanakan pembayaran serta membeli melalui telepon genggam.

Serta berdialog tentang Lippo Group, industri ini sudah menggapai perkembangan signifikan dengan bergabung dalam game transformasi digital. Dengan investasi sebesar US$500 juta buat e- commerce- nya, Lippo Group saat ini jadi peritel online terbanyak di Indonesia, bertujuan buat menggapai penjualan senilai US$1 miliyar dalam 2 tahun.

Cekindo Bisa Membantu

Janganlah menyangka enteng resiko transformasi digital di Indonesia dan konsultasi sehubungan dengan merambah pasar bila Kamu mau jadi salah satu pemain berarti dalam pasar digital Indonesia. Mendatangi kami serta miliki penawaran terbaik buat persoalan Kamu.


LihatTutupKomentar