-->

5 STRATEGI MEMBANGUN SUATU GLOBAL BRAND: SUPAYA BISNIS KAMU MENDUNIA

5 STRATEGI MEMBANGUN SUATU GLOBAL BRAND: SUPAYA BISNIS KAMU MENDUNIA

5 STRATEGI MEMBANGUN SUATU GLOBAL BRAND SUPAYA BISNIS KAMU MENDUNIA

Strategi cara membangun suatu global brand, Kamu tidak cuma memerlukan suatu web website yang dapat diakses di segala dunia. Barbara E. Kahn, seseorang pakar branding pensiunan sempat meluncurkan merek yang salah buat produk yang Dia pasarkan lintas negeri, Dia salah dalam menguasai bahasa serta norma budaya yang terdapat di daerah tersebut. Supaya tidak hadapi perihal yang sama dengannya, Barbara memberikan 5 buah panduan buat menolong pengusaha cara dalam membangun merek global (global brand).

Menguasai Sikap Pelanggan Anda


Dalam satu budaya yang sama sekalipun, tiap konsumen dapat mempunyai preferensi ataupun kebudayaan yang berbeda- beda. Sebab sejatinya apa yang disukai oleh satu orang tidak berlaku secara umum. Terdapat banyak pengecer perantau yang belum sukses menjual benda dagangannya sebab belum menguasai gimana sikap konsumen dalam berbelanja.

Dalam novel yang bertajuk Global Brand Power terbitan Wharton Digital Press, Barbara E. Kahn melansir kesalahan yang dicoba Walmart kala memilah posisi pusat perbelanjaan di Cina yang lebih dekat ke kawasan industri( tempat kerja), sementara itu mayoritas konsumen terbiasa berbelanja di swalayan yang lebih dekat ke rumah mereka.

Posisikan Diri Kamu Dengan Benar


Memposisikan merek dengan baik bisa dicoba bila Kamu betul- betul menguasai pesaing Kamu serta sanggup memandang keunggulan kompetitif yang mereka miliki. Bila Kamu menginginkan bisnis yang Kamu lakukan tahan lama, Kamu wajib mengenali siapa saja kompetitor yang sediakan produk serta layanan seragam di zona pemasaran Kamu.

Misalkan Kamu menjual baju atletik, lihat di mana saja konsumen dapat mengalami baju atletik semacam yang Kamu jual, dapat dari toko spesial, pengecer online, ataupun toko benda berolahraga. Bila Kamu menjual merek kelas atas serta Kamu masuk ke pasar posisi penjualan yang mayoritas merupakan penjual baju eceran dengan diskon besar, Kamu membutuhkan strategi yang berbeda buat bertahan. Oleh karenanya, Kamu butuh menguasai metode orang berbelanja serta gimana supaya merek Kamu dapat masuk ke pasar kombinasi.

Tahu Gimana Merek Kamu Diterjemahkan


Berhati- hatilah dalam memilah nama merek bila Kamu pula memasarkan produk Kamu ke negeri lain. Salah kata dapat berakhir memalukan serta merugikan bisnis Kamu. Merek ataupun nama produk terdapat yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain serta terdapat pula yang tidak. Semacam contohnya merek keju Perancis yang awal mulanya diberi nama Kiri, diganti jadi Kibi kala dipasarkan ke negeri Iran sebab nama tadinya berarti“ Busuk” dalam Bahasa Iran.

Tidak hanya membenarkan merek Kamu diterjemahkan dengan baik ke dalam bahasa lain, pertimbangkan pula corak apa yang disukai di bermacam pasar buat logo merek. Di Amerika Serikat contohnya, corak biru serta hijau merupakan corak yang sangat disukai oleh konsumen. 2 corak ini hendak menarik mata konsumen kala memandang opsi produk yang mereka butuhkan. Tetapi berbeda dengan di Amerika Latin, malah corak merah serta kuning lah yang lebih mereka gemari.

Pikirkan Nama Bisnis Secara Luas


Sebab bisnis yang Kamu lakukan bisa jadi hendak lebih luas skalanya di waktu yang hendak tiba, baik itu lini bisnis ataupun lini produk, hingga hendaknya Kamu tidak berikan nama bisnis ataupun industri yang sifatnya terbatas ke satu produk. Kamu wajib berikan bisnis Kamu nama yang dapat mengakomodasi perubahan- perubahan yang hendak Kamu jalani kedepannya.

Contohnya merupakan Boston Chicken, yang mengganti namanya jadi Boston Market sebab saat ini Boston sudah menjual santapan lain tidak hanya ayam. Bila Kamu menamakan bisnis Kamu dengan“ Brian Pc” pertimbangkanlah kembali, apakah nama itu menghalangi pasar Kamu ataupun tidak. Sebab bisa jadi saja di masa depan Kamu menjual benda tidak hanya pc ataupun menawarkan jasa printing dokumen.

Temukan Mitra Yang Baik


Bekerjasama- lah dengan pengacara Kamu buat melindungi kekayaan intelektual di luar negara dengan mengajukan merek dagang yang cocok serta proteksi paten di tiap negeri. Kamu wajib menciptakan perwakilan perdagangan yang direkomendasikan dari kantor perdagangan negeri ataupun federal, sebab mereka lebih bisa jadi memiliki reputasi baik.

Bila Kamu memutuskan buat melisensikan produk ataupun nama layanan Kamu ke produsen ataupun distributor di luar negara, hendaknya Kamu melaksanakan kontrol ketat buat membenarkan kalau penyedia layanan tersebut mempunyai reputasi baik serta tidak melaksanakan penyalahgunaan nama serta standar kendali kualitas Kamu. Pastinya kala Kamu meletakkan nama merek di produk ataupun layanan, Kamu menginginkan pengalaman yang tidak berubah- ubah, sehingga kala mereka memasarkan serta menjual produk Kamu, mereka sudah terlebih dahulu menguasai nilai- nilai merek yang Kamu tanamkan.

Poin- poin di atas bisa Kamu terapkan dalam membangun global brand buat bisnis Kamu. Sebab mendefinisikan bisnis Kamu secara benar merupakan langkah awal yang pas serta berarti buat meningkatkan rencana pemasaran. Dari banyak riset yang sudah dicoba, sudah teruji kalau membangun pengalaman merek yang menarik hendak mendesak kesetiaan pelanggan. Owner usaha skala kecil serta menengah pantas menyoroti prinsip pemasaran brand- brand besar supaya nanti pula dapat jadi semacam mereka.

Pada pemikiran awal, bisa jadi untuk Kamu mendefinisikan merek merupakan satu perihal yang gampang, namun sebetulnya memerlukan proses pencarian jiwa, pengumpulan informasi, serta pengambilan keputusan yang hati- hati. Saat sebelum proses branding, Kamu dituntut buat sanggup menyajikan statment yang sangat baik tentang tipe bisnis yang Kamu masuki, tipe pelanggan yang Kamu layani, gimana metode melayani mereka, dan tipe produk benda ataupun jasa apa yang pelanggan Kamu harapkan.

Kala mendefinisikan merek, bagikan sebanyak bisa jadi kejelasan tentang gimana merek serta bisnis tersebut tergambar di benak tiap stakeholder, sehingga Kamu bisa membangun pengalaman merek yang berkesan di hati mereka. Buat menggapai perihal itu, Kamu bisa berupaya 3 perihal berikut:

Buat Inventaris Keahlian Anda


Buatlah catatan yang berisi tentang apa yang sangat Kamu kuasai serta apa yang hendak pelanggan Kamu pikirkan kala merek Kamu diucap dihadapan mereka? Kemampuan Kamu yang unik hendak membentuk dasar dari definisi merek produk ataupun bisnis Kamu.

Cari Ketahui Kebutuhan Pelanggan Anda


Dari catatan keahlian yang sudah Kamu buat, identifikasi apa yang sangat pelanggan Kamu butuhkan. Setelah itu pikirkan hal- hal yang disukai oleh pelanggan Kamu. Serta tetapkanlah merek bersumber pada keahlian Kamu buat penuhi tiap elemen tersebut.

Fokus Pada Keunggulan Kompetitif


Berarti untuk Kamu buat mempunyai merek yang berbeda dari opsi seragam yang ada buat pelanggan. Pasti saja pengalaman mereka berupaya produk yang pada kesimpulannya hendak membedakan antara Kamu dengan kompetitor. Tetapi hendaknya semenjak dini Kamu telah memutuskan keunggulan kompetitif ataupun atribut unik apa yang Kamu miliki, yang sifatnya beda dari yang lain. Jadikanlah keunikan itu membuat produk Kamu memenangkan hati pelanggan.

Mendefinisikan merek secara khusus merupakan perihal yang berarti, namun Kamu wajib berjaga- jaga supaya tidak menghalangi merek terhadap satu produk. Bila bisnis Kamu merupakan bisnis yang lumayan besar, tiap- tiap merek wajib dideskripsikan secara jelas. Caranya merupakan menyeimbangkan antara kekhususan, fokus, serta diferensiasi dengan keahlian bisnis buat tumbuh di masa depan.



LihatTutupKomentar