5 STRATEGI MEMBANGUN SUATU GLOBAL BRAND: SUPAYA BISNIS KAMU MENDUNIA
Strategi cara membangun suatu global brand, Kamu tidak cuma
memerlukan suatu web website yang dapat diakses di segala dunia. Barbara E.
Kahn, seseorang pakar branding pensiunan sempat meluncurkan merek yang salah
buat produk yang Dia pasarkan lintas negeri, Dia salah dalam menguasai bahasa
serta norma budaya yang terdapat di daerah tersebut. Supaya tidak hadapi
perihal yang sama dengannya, Barbara memberikan 5 buah panduan buat menolong
pengusaha cara dalam membangun merek global (global brand).
Menguasai Sikap Pelanggan Anda
Dalam satu budaya yang sama sekalipun, tiap konsumen dapat
mempunyai preferensi ataupun kebudayaan yang berbeda- beda. Sebab sejatinya apa
yang disukai oleh satu orang tidak berlaku secara umum. Terdapat banyak
pengecer perantau yang belum sukses menjual benda dagangannya sebab belum
menguasai gimana sikap konsumen dalam berbelanja.
Dalam novel yang bertajuk Global Brand Power terbitan
Wharton Digital Press, Barbara E. Kahn melansir kesalahan yang dicoba Walmart
kala memilah posisi pusat perbelanjaan di Cina yang lebih dekat ke kawasan
industri( tempat kerja), sementara itu mayoritas konsumen terbiasa berbelanja
di swalayan yang lebih dekat ke rumah mereka.
Posisikan Diri Kamu Dengan Benar
Memposisikan merek dengan baik bisa dicoba bila Kamu betul-
betul menguasai pesaing Kamu serta sanggup memandang keunggulan kompetitif yang
mereka miliki. Bila Kamu menginginkan bisnis yang Kamu lakukan tahan lama, Kamu
wajib mengenali siapa saja kompetitor yang sediakan produk serta layanan
seragam di zona pemasaran Kamu.
Misalkan Kamu menjual baju atletik, lihat di mana saja
konsumen dapat mengalami baju atletik semacam yang Kamu jual, dapat dari toko
spesial, pengecer online, ataupun toko benda berolahraga. Bila Kamu menjual
merek kelas atas serta Kamu masuk ke pasar posisi penjualan yang mayoritas
merupakan penjual baju eceran dengan diskon besar, Kamu membutuhkan strategi
yang berbeda buat bertahan. Oleh karenanya, Kamu butuh menguasai metode orang
berbelanja serta gimana supaya merek Kamu dapat masuk ke pasar kombinasi.
Tahu Gimana Merek Kamu Diterjemahkan
Berhati- hatilah dalam memilah nama merek bila Kamu pula
memasarkan produk Kamu ke negeri lain. Salah kata dapat berakhir memalukan
serta merugikan bisnis Kamu. Merek ataupun nama produk terdapat yang dapat
diterjemahkan ke dalam bahasa lain serta terdapat pula yang tidak. Semacam
contohnya merek keju Perancis yang awal mulanya diberi nama Kiri, diganti jadi
Kibi kala dipasarkan ke negeri Iran sebab nama tadinya berarti“ Busuk” dalam
Bahasa Iran.
Tidak hanya membenarkan merek Kamu diterjemahkan dengan baik
ke dalam bahasa lain, pertimbangkan pula corak apa yang disukai di bermacam
pasar buat logo merek. Di Amerika Serikat contohnya, corak biru serta hijau
merupakan corak yang sangat disukai oleh konsumen. 2 corak ini hendak menarik
mata konsumen kala memandang opsi produk yang mereka butuhkan. Tetapi berbeda
dengan di Amerika Latin, malah corak merah serta kuning lah yang lebih mereka
gemari.
Pikirkan Nama Bisnis Secara Luas
Sebab bisnis yang Kamu lakukan bisa jadi hendak lebih luas
skalanya di waktu yang hendak tiba, baik itu lini bisnis ataupun lini produk,
hingga hendaknya Kamu tidak berikan nama bisnis ataupun industri yang sifatnya
terbatas ke satu produk. Kamu wajib berikan bisnis Kamu nama yang dapat
mengakomodasi perubahan- perubahan yang hendak Kamu jalani kedepannya.
Contohnya merupakan Boston Chicken, yang mengganti namanya
jadi Boston Market sebab saat ini Boston sudah menjual santapan lain tidak
hanya ayam. Bila Kamu menamakan bisnis Kamu dengan“ Brian Pc” pertimbangkanlah
kembali, apakah nama itu menghalangi pasar Kamu ataupun tidak. Sebab bisa jadi
saja di masa depan Kamu menjual benda tidak hanya pc ataupun menawarkan jasa printing
dokumen.
Temukan Mitra Yang Baik
Bekerjasama- lah dengan pengacara Kamu buat melindungi
kekayaan intelektual di luar negara dengan mengajukan merek dagang yang cocok
serta proteksi paten di tiap negeri. Kamu wajib menciptakan perwakilan
perdagangan yang direkomendasikan dari kantor perdagangan negeri ataupun
federal, sebab mereka lebih bisa jadi memiliki reputasi baik.
Bila Kamu memutuskan buat melisensikan produk ataupun nama
layanan Kamu ke produsen ataupun distributor di luar negara, hendaknya Kamu
melaksanakan kontrol ketat buat membenarkan kalau penyedia layanan tersebut
mempunyai reputasi baik serta tidak melaksanakan penyalahgunaan nama serta
standar kendali kualitas Kamu. Pastinya kala Kamu meletakkan nama merek di
produk ataupun layanan, Kamu menginginkan pengalaman yang tidak berubah- ubah,
sehingga kala mereka memasarkan serta menjual produk Kamu, mereka sudah
terlebih dahulu menguasai nilai- nilai merek yang Kamu tanamkan.
Poin- poin di atas bisa Kamu terapkan dalam membangun global
brand buat bisnis Kamu. Sebab mendefinisikan bisnis Kamu secara benar merupakan
langkah awal yang pas serta berarti buat meningkatkan rencana pemasaran. Dari
banyak riset yang sudah dicoba, sudah teruji kalau membangun pengalaman merek
yang menarik hendak mendesak kesetiaan pelanggan. Owner usaha skala kecil serta
menengah pantas menyoroti prinsip pemasaran brand- brand besar supaya nanti
pula dapat jadi semacam mereka.
Pada pemikiran awal, bisa jadi untuk Kamu mendefinisikan
merek merupakan satu perihal yang gampang, namun sebetulnya memerlukan proses
pencarian jiwa, pengumpulan informasi, serta pengambilan keputusan yang hati-
hati. Saat sebelum proses branding, Kamu dituntut buat sanggup menyajikan
statment yang sangat baik tentang tipe bisnis yang Kamu masuki, tipe pelanggan
yang Kamu layani, gimana metode melayani mereka, dan tipe produk benda ataupun
jasa apa yang pelanggan Kamu harapkan.
Kala mendefinisikan merek, bagikan sebanyak bisa jadi
kejelasan tentang gimana merek serta bisnis tersebut tergambar di benak tiap
stakeholder, sehingga Kamu bisa membangun pengalaman merek yang berkesan di
hati mereka. Buat menggapai perihal itu, Kamu bisa berupaya 3 perihal berikut:
Buat Inventaris Keahlian Anda
Buatlah catatan yang berisi tentang apa yang sangat Kamu
kuasai serta apa yang hendak pelanggan Kamu pikirkan kala merek Kamu diucap
dihadapan mereka? Kemampuan Kamu yang unik hendak membentuk dasar dari definisi
merek produk ataupun bisnis Kamu.
Cari Ketahui Kebutuhan Pelanggan Anda
Dari catatan keahlian yang sudah Kamu buat, identifikasi apa
yang sangat pelanggan Kamu butuhkan. Setelah itu pikirkan hal- hal yang disukai
oleh pelanggan Kamu. Serta tetapkanlah merek bersumber pada keahlian Kamu buat
penuhi tiap elemen tersebut.
Fokus Pada Keunggulan Kompetitif
Berarti untuk Kamu buat mempunyai merek yang berbeda dari
opsi seragam yang ada buat pelanggan. Pasti saja pengalaman mereka berupaya
produk yang pada kesimpulannya hendak membedakan antara Kamu dengan kompetitor.
Tetapi hendaknya semenjak dini Kamu telah memutuskan keunggulan kompetitif
ataupun atribut unik apa yang Kamu miliki, yang sifatnya beda dari yang lain.
Jadikanlah keunikan itu membuat produk Kamu memenangkan hati pelanggan.
Mendefinisikan merek secara khusus merupakan perihal yang
berarti, namun Kamu wajib berjaga- jaga supaya tidak menghalangi merek terhadap
satu produk. Bila bisnis Kamu merupakan bisnis yang lumayan besar, tiap- tiap
merek wajib dideskripsikan secara jelas. Caranya merupakan menyeimbangkan
antara kekhususan, fokus, serta diferensiasi dengan keahlian bisnis buat tumbuh
di masa depan.