-->

CAKUPAN MATERI UN IPA SMP 2018

CAKUPAN MATERI UN IPA SMP 2018

BEDAH KISI KISI UN IPA SMP 2018

Pada postingan sebelumnya kita sudah banyak berbagi berbagai hasil bedah skl dari berbagai daerah pada mata pelajaran matematika. Pada hari ini kita akan membagikan Cakupan materi UN IPA SMP 2018. Cakupan materi esensial ini kami peroleh dari hasil bedah skl ipa 2018. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak dua kali yakni bulan januari dan bulan maret 2018. Hasil dari bedah kisi kisi  ini diharapkan memberikan arahan kepada guru mata pelajaran IPA dalam menyusun prediksi soal dengan tepat sesuai cakupan materi UN IPA SMP 2018.

Mengapa kegiatan bedah kisi-kisi  ini dilaksanakan dua kali. Alasan pertama menambah perbendaharaan cakupan materi UN IPA SMP 2018 yang meliputi prediksi kisi kisi dan penyusunan soal. yang kedua karena adanya informasi bahwa kisi kisi yang diberikan oleh nara sumber pada akhir menjelang ujian nasional adalah yang paling akurat. Dan itu memang benar dari segi pengalaman. 

Adanya kebijakan darurat mengenai penanggulangan kebocoran soal ujian nasional oleh pemerintah menyebabkan pemberlakuan perubahan tipe soal. oleh karena itu cakupan materi esensial un ipa 2018 pun juga mengalami pergeseran.  Dan ini biasanya dilakukan sebulan sebelum ujian nasional. Maka jika kita  mendapat  kisi kisi soal ujian nasional dari nara sumber jauh sebelum ujian nasional berlangsung maka kemungkinannya kurang akurat karena pemerintah sudah menggantinya dengan yang baru. Sementara jika kita mendapat kisi kisi dari nara sumber sesaat sebelum ujian nasional bisa dipastikan soal tersebut akurat dan mendekati atau mirip dengan soal yang keluar dalam ujian.

Meskipun demikian cakupan materi un ipa smp 2018 yang diberikan oleh nara sumber dalam kegiatan bedah kisi kisi  tetap harus kita berikan kepada siswa. Karena perubahan kisi kisi indikator soal ujian nasional biasanya tak lebih dari 25% dari kisi kisi yang pertama tadi. Minimal jika kita sudah memberikan kisi kisi yang pertama setidaknya 75% sudah mendekati soal UN. Tinggal kita tunggu hasil bedah kisi kisi un ipa smp 2018 tahap 2. 

Silahkan simak cakupan materi  UN IPA SMP 2018 berikut!


Jika anda ingin berlatih soal sesuai cakupan materi UN IPA SMP 2018 anda bisa download aplikasinya di bawah ini. Cara penggunaan nya sama dengan artikel ini. Tinggal unduh file bawah ini



LihatTutupKomentar