Wednesday, February 21, 2018

SOAL PRETES PPG MATEMATIKA 2018

SOAL PRETES PPG MATEMATIKA 2018

SOAL PRETES PPG MATEMATIKA 2018

Hore undangan PPG bertebaran kembali di SIM PKB. Betapa senangnya harapan yang kemarin terputus akhirnya terbuka cerah kembali dengan adanya pembukaan pendaftaran PPG  2018. Selagi ada kesempatan mari gunakan momen ini dengan sebaik baiknya dengan banyak belajar kembali soal soal pretes PPG Matematika 2018. 

Tahun kemarin beberapa kawan saya mengikuti pretes PPG 2017 dan ia menceritakan pengalamannya mengikuti pretes. Satu dari dua kawan saya yang mengikuti pretes PPG lolos dan yang satunya belum beruntung. Mereka menceritakan bahwa soal pretes PPG matematika 2018 ini mungkin akan sama dengan pretes sebelumnya. 

Pada pretes 2017 memang merupakan tes yang mengejutkan. Kawan saya pun tidak pernah menyangka kalau soal pretes PPG ada juga soal soal TPA dan bakat minat selain tentunya soal paedagogik dan soal uji profesional. Dia bilang soalnya seperti soal CPNS, hmm setelah saya cari cari di situs situs lain juga ternyata sama bahwa ada 4 jenis atau tipe soal PPG antara lain

1. Soal TPA atau tes potensi akademik yang terdiri dari tiga ranah

    Tes kemampuan verbal (tes persamaan kata, tes lawan kata, dan analogi verbal) 
    Tes kemampuan hitung kuantitatif (tes number, logika aritmetika  tes aritmetik dan tes seri,
    Penalaran (keruangan (spasial), dan penalara logis, logika formal serta  analitis)

2. Tes paedagogik
3. tes uji kompetensi profesional 
4. tes uji bakat dan minat

Soal pretes PPG 2018 juga kurang lebih akan seperti itu.  Untuk mempersiapkan diri menghadapi soal pretes PPG matematika 2018 ada beberapa tips bagi kamu.

1. Carilah referensi tes potensi akademik yang khusus diperuntukan untuk PPG. dan mulailah belajar dengan sebaik baiknya. Pepatah bilang kesempatan tak akan datang dua kali. Bisa tiga kali bisa empat kali hee bercanda..

    Jika anda belum punya anda bisa mendownload pada halaman ini

2.   Berburulah referensi tes uji kemampuan paedagogik. Sebenarnya tes ini sama dengan tes ketika ujian tulis nasional PLPG tahun tahun sebelumnya. Jika masih punya pelajarilah. Bagi anda yang belum punya anda bisa ambil file di sini

3. Belajarlah menyelesaikan soal soal tes uji profesional dengan cepat. Jika belum punya silahkan ambil saja suka suka link dibawah ini


Soal ini kami ambil dari soal UTN PLPG 2012 dan 2015. Ini berdasarkan pengalaman kawan saya tadi, kata dia soalnya sama pak dengan soal soal UKG. 
Jadi prediksi saya benar bahwa soal pretes PPG profesional itu ya sama dengan soal UKG atau soal UTN PLPG. Semua itu hanya beda istilah ininya soal itu untuk menguji struktur keilmuan guru berdasarkan bidang studinya. Dari tahun ke tahun tampaknya sama saja hanya berbeda variasinya saja.

4. Tes bakat minat.


Bagaimana? sudahkah siap menghadapi soal soal pretes PPG Matematika 2018? Selamat mencoba dan semoga beruntung.

Baca Juga 

Soal paket belajar pretes PPG bahasa inggris 2018

2 comments: