Sunday, May 6, 2018

SOAL TES WAWASAN KEBANGSAAN TKD CPNS

SOAL TES WAWASAN KEBANGSAAN TKD CPNS 


Melanjutkan artikel sebelumnya tentang tes intelegensi umum kali ini kami akan berbagi soal dan pembahasan tes wawasan kebangsaan TKD CPNS atau biasa dikenal dengan TWK. Tes wawasan kebangsaan adalah seperangkat tes yang di tujukan untuk mengukur peserta seleksi CPNS dalam mengenal 4 pilar kebangsaan yang utama yakni Negara kesatuan republik indonesia, Pancasila, Undang undang dasar 1945, Bineka tunggal ika. 

SOAL TES WAWASAN KEBANGSAAN TKD CPNS
Ranah cakupan soal tes wawasan kebangsaan TKD CPNS memang sangat banyak misalkan saja tentang Negara kesatuan republik indonesia itu sendiri masih dibagi dalam 3 tahap yaitu sejarah sebelum era berdiri NKRI, masa perjuangan pergerakan kemerdekaan terbentuk NKRI sampai masa sekarang tata kehidupan sesuah NKRI. Sejarah ini memiliki kompleksitas tinggi tak hanya tentang pergerakan kemerdekaan saja, bahkan herannya sampai pada masa purba juga, pembagian zaman paleolitikum, mesolitikum, megalitikum dan neolitikum. Kemudian tentang sejarah kerajaan yang ada di indonesia, masa kolonialisme, masa pergerakan, masa perjuangan kemerdekaan, dan masa mengisi kemerdekaan. Disini juga dibahas tentang kebikjakan diplomatik indonesia, hubungan dengan internasional dan peran indonesia di mata internasional. Bahkan sampai detil pemilu di indonesia. Itu baru membahas tentang NKRI.

sedangkan cakupan materi soal tes wawasan kebangsaan tentang Pancasila mencakup sejarah terbentuk, teks asli pancasila, rumusan pancasila, makna pancasila,  sampai pada pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari hari. Sedangkan UUD 1945 juga sama berbicara tentang sejarah terbentuk, rumusan UUD 1945, sejarah amandemen, dan isi dari UUD 1945 serta implikasinya dalam kehidupan bernegara. 

Untuk cakupan materi tes wawasan kebangsaan TKD CPNS bagian bhineka tunggal ika biasanya tentang implikasi bhineka tunggal ika sebagai pandangan pemersatu bangsa. Adat budaya, dan keseluruhan tentang bagaimana mempersatukan keragaman indonesia dalam satu wadah yaitu bhineka tunggal ika.

Mempelajari tes wawasan kebangsaan sebagai salah satu materi CPNS tidak mungkin hanya sekedar dibaca dan dihafalkan semata karena cakupan yang sangat luas tersebut. Bisa bisa otak kita jadi penuh karena hafalan sana sini yang belum tentu juga keluar, trik yang bisa di gunakan adalah baca dan pahami sedikit demi sedikit. Cintai sejarah indonesia dan banyak bercerita tentang sejarah itu akan membuat memori otak kita jadi tetap sejuk meski harus di jejali dengan hal yang banyak. Sudah seharusnya kita bisa melonggarkan waktu untuk mengenal dan mencintai bangsa kita. 

Untuk membantu anda dalam memahami cakupan materi tes wawasan kebangsaan TKD CPNS hari iki akan kami berikan paket paket belajarnya. silakan unduh pada link link dibawah ini.


ke empat elemen tersebut wajib untuk dipelajari untuk mendapatkan nilai tes wawasan kebangsaan TKD CPNS diatas passing grade.

No comments:

Post a Comment