Saturday, June 23, 2018

CARA TEMBUS SELEKSI IPDN

CARA TEMBUS SELEKSI IPDN


Menjadi praja IPDN adalah impian semua orang, menjadi praja kemudian selesai pendidikan dan di tempatkan dalam bekerja. Namun untuk menjadi praja IPDN bukan hal yang mudah karena sekarang seleksi IPDN di masukan dalam jalur panitia seleksi BKN. Sama Juga dengan STAN dan CPNS pada umumnya. Kali ini akan kami kupas bagaimana cara tembus seleksi IPDN.




CARA TEMBUS SELEKSI IPDN
Semenjak penerimaan IPDN menggunakan sistem CAT. Maka mau tidak mau anda juga wajib mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Lalu apa saja soal yang akan di gunakan dalam CAT BKN seleksi IPDN?  . Soal seleksi masuk IPDN terdiri dari tiga komponen pokok yakni soal tes wawasan kebangsaan, soal tes intelegensi umum dan soal tes karakteristik kepribadian. Nah cara tembus seleksi IPDN maka anda harus terbiasa dan menguasai secara detil jenis jenis soal pada masing masing item diatas.

Cara tembus seleksi IPDN yang pertama kita harus mengenal soal soal tes wawasan kebangsaan. Sudah pasti IPDN adalah institut pendidikan yang akan mencetak lulusan lulusan yang akan ditempatkan sebagai abdi negara maka harus di uji dulu seberapa jauh calon IPDN dalam memiliki wawasan kebangsaan. Soal soal wawasan kebangsaan atau sering dikenal dengan TWK terdiri atas 4 sub pokok materi yakni Materi NKRI yang terdiri dari sejarah nasinal dan hubungan internasional, Bineka tunggal ika, Pancasila dan Undang undang dasar 1945. Cakupan materinya sangat luas sekali, sehingga di butuhkan banyak sekali membaca dan memahami. dan yang paling penting jika anda mengenal negara kita, mencintai sejarah bangsa kita, mencintai pancasila dan mengamalkannya serta berpegang teguh pada pokok pikiran UUD 1945 maka itu sudah cukup di jadikan sebagai bekal nanti. 

Anda yang ingin memperdalam soal seleksi IPDN poko materi Wawasan kebangsaan bisa unduh pada link di bawah ini
Cara tembus seleksi IPDN materi TWK

Cara tembus Seleksi IPDN yang ke dua adalah kalian persiapkan secara matang kemampuan potensi akademik, soal soal tes potensi akademik adalah soal soal yang sering keluar pada bagian kedua ini. Tes tes ini nanti akan dikategorikan dalam soal tes intelegensi umum. Materi materi yang perlu anda siapkan adalah.
1. Bahasa indonesia : pada bahasa indonesia yang paling sering keluar adalah menentukan ide pokok paragraf, menarik kesimpulan isi bacaan, menentukan Ejaan yang benar dan baku, menggunakan huruf kapital, huruf miring, pemenggalan suku kata, fakta dan opini, penggunaan tanda baca yang sesuai dengan Ejaan, sinonim, antonim dan analogi kata.
2. Matematika
terdiri dari dua paket materi besar yakni matematika dasar yang berupa, hitung pecahan, bilangan bulat, pangkat, akar dan lain lain, membandingkan dua besaran, dan matematika dasar yang lain
Matematika lanjutan dan penerapan, nah kalau ini bentuk soalnya biasanya adalah soal cerita dengan kerumitan yang lebih. Soal soal biasanya untuk mengukur kemampuan bernalar matematis.
3. Silogisme dan kesimpulan.
terdiri dari soal soal tentang cara menarik kesimpulan baik modus ponen, tollen dan silogisme. Konklusi dari sebuah implikasi, ingkaran dan yang paling sering adalah analogi semua dan beberapa.
4. Analogi Penalaran 
soal ini yang paling sulit karena melibatkan bacaan dan cara bernalar yang sulit. Soal soalnya berbentuk uraian misakan ada 6 kota yang akan dikunjungi oleh calon presiden, kunjungan kota A harus dilakukan setelah kota C, kunjungan ke KOta B setelah dari Kota D dan kunjungan terakhir adalah Kota E maka kemungkinan kunjungan pertama calon presiden adalah kota....
Nah sulit kan namun jangan khawatir, silakan pelajari pada blog ini banyak sekali kami bagikan cara menyelesaikan soal soal tersebut dengan sederhana.

Cara tembus seleksi IPDN yang ketiga adalah maksimalkan skor tes kharakteristik kepribadian. Soal soal ini yang biasanya lebih mudah namun jangan di buat mudah . model soalnya adalah untuk mengetahui kepribadian anda dalam integeritas diri, keinginan berkembang, inovasi dan kreativitas, kepemimpinan, kemampuan mengorganisasikan orang lain dalam tim, orientasi kerja dan pelayanan, orientasi orang lain.  Silakan anda pelajari pada link link di bawah.

Jika anda belajar dengan sebaik baiknya maka tembus seleksi IPDN bukan menjadi suatu kemustahilan. Dengan persiapan lebih maka akan semakin membuka peluang kamu untuk tembus IPDN.

Berikut link link belajar soal ujian masuk seleksi IPDN


Demikian cara tembus seleksi IPDN , semoga beruntung dan diterima menjadi praja IPDN. 




No comments:

Post a Comment