-->

SOAL SKB CPNS BIDAN berdasarkan permenpan RB no 1 tahun 2008

SOAL SKB CPNS BIDAN berdasarkan permenpan RB no 1 tahun 2008


Bidan adalah termasuk PNS yang diberikan tugas dan tanggungjawab serta wewenang tertentu yakni melaksanakan kegiatan kebidanan pada sarana pelayanan bidang kesehatan. Bidan termasuk tenaga profesional dalam pelayanan kesehatan oleh karena itu pemerintah dalam melakukan seleksi penerimaan  CPNS kebidanan sangat selektif. Sebagaimana peseta tes CPNS umum, CPNS bidan juga harus melalui tes seleksi kompetensi dasar dan tes seleksi kompetensi bidang, Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar sudah selesai dilaksanakan dan penentuan peserta yang melaju ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) juga sudah di umumkan. Kini tiba saatnya anda sebagai calon bidan mengenal apa saja soal SKB CPNS Bidan. Berdasarkan kisi kisi dari Admin BKN, setiap jabatan fungsional di naungi oleh permenpanRB tertentu. tidak terkecuali bidan yang bidang jabatannya di naungi oleh PermenpanRB no 1 tahun 2008. Oleh karena itu soal soal SKB CPNS bidan tak akan jauh dari perpenpan no 1 tahun 2008 tersebut.

Pelayanan kebidanan merupakan layanan profesional yang menyatu atau menyeluruh bersama sama dengan layanan kesehatan secara umum. Pelayanan kebidanan di berikan kepada ibu sejak masa reproduksi, bayi baru lahir, bayi dan  balita. Pentingnya tugas dan kewajiban bidan tersebut maka pemerintah perlu menyeleksi dengan tepat Calon pegawai negeri sipil bidan yang mengerti dan memahami tugas seta tanggung jawabnya.
SOAL SKB CPNS BIDAN

Pembuatan soal SKB CPNS bidan harus mengacu pada standar baku agar diperoleh bidan bidan yang bekerja pada layanan kesehatan yang mampu bekerja secara profesional. Pembuatan soal SKB CPNS bidan harus mengacu pada permenpanRP no 1 tahun 2008. Bagi peserta yang lolos ke babak seleksi kompetensi bidang maka anda harus membaca dasar hukum jabatan fungsional bidan dengan baik. Sehingga kelak jika anda sudah menjadi CPNS bidan mampu memberikan pelayanan yang profesional dan efektif sesuai amanat pemenpanRB no 1 tahun 2008.

PENGALAMAN MENGIKUTI SKB CPNS 2018 DAN KISI KISINYA

Isi dari permenpanRB no 1 tahun 2008 memuat tentang 
Bab I
Ketentuan umum
berisi tentang pengertian pengertian yang berhubungan dengan tugas kebinanan
Bab II
Rumpun jabatan kedudukan dan ugas pokok bidan , instansi pembina dan tugas pokok instansi pembina
Bab III
Unsur dan sub unsur kegiatan kebidanan
Bab IV 
Jenjang , jabatan dan pangkat kebidanan
Bab V
Rincian kegiatan kebidanan dan unsur yang dinilai  dalam memberikan angka kredit
Bab VI
Penilaian dan penetapan angka kredit
Bab VII
Pengangkatan dalam jabatan Bidan
Bab VIII
Pendidikan dan pelatihan penjenjangan


Semua masing masing bab akan dikupas pada permenpanRB no 1 tahun 2008 ini. Oleh karena itu bagi anda yang ingin lolos seleksi kemampuan bidang maka kewajiban anda adalah memahami permen tersebut kemudian anda dapat mengaktualisasikannya dalam profesi anda

Bagi anda yang belum memiliki permenpanRB no 1 tahun 2008 tentang jabatan fungsional dan kebidanan, anda bisa mendownloadnya di 

Sebagai bahan penunjang belajar SKB CPNS bidan anda bisa download soal soal SKB CPNS bidan pada link link di bawah ini.



LihatTutupKomentar