PENGALAMAN MENGIKUTI SKB CPNS 2018
Sekedar berbagi kawan, Kebetulan istri saya baru saja mengikuti Seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2018. Ternyata soal soalnya luar biasa sulitnya. Istri saya kebetulan adalah guru sd yang mendaftar jabatan guru kelas SD. Oleh karena itu kami akan bagikan pengalaman mengikuti SKB CPNS 2018.
Dari cerita yang saya dapat dari dia memang sudah saya perkirakan bahwa soal soalnya tak akan jauh dari soal uji tulis nasional PLPG atau pendidikan profesi guru. Bahkan soal soal yang dibuat lebih sulit dari UTN PLPG. Hmmm setelah aku bandingkan dengan soal soal yang dari uji pengetahuan PPG ternyata hasilnya di luar perkiraan. soal soal SKB CPNS 2018 ternyata memiliki kemiripan sekali dengan soal soal UP PPG 2017 dan 2018.
Nah bagi anda yang sudah pernah PPG mungkin hal ini bukan menjadi masalah. Namun bagi anda yang newbe ini akan membuat anda frustasi. Soal soal yang keluar diluar materi ajar jenjang sekolah SD, kalau saya lihat soal soal skb condong ke tingkat SMP dan SMA. contohnya materi matematika. soal soal yang keluar
1. waktu berpapasan antara dua orang yang berjalan berlawanan arah dengan selang waktu tertentu.
2. Debit air jika dihubungkan dengan materi volum tabung
3. Persamaan kuadrat.
4. statistika pada diagram lingkaran.
soal soal ipa tentang
1. koefisien konduksi,
2. momentum dan impuls
3. menghitung besar iuran listrik jika diketahui perkakas listrik dan rata rata menyala setiap hari
4. menghitung kuat arus (hubungannya dengan hukum OM)
Dan lagi soal soal paedagogik banyak membahas tentang
1. studi kasus pembuatan RPP yang tepat jika ada masalah dalam kelas
2. Mencocokan KD dengan indikator
3. Membelajarkan KD dengan media yang pas
4. Bagaimana Cara mengevaluasi siswa yang paling tepat terhadap KD dan masalah tertentu
5. Kesenjangan antara hasil evaluasi sikap dengan sikap siswa di luar sekolah, apakah kesalahan teknik penilaian, sistem penilaian, subjektivitas penilai atau apa.
6. tentang memilih judul PTK yang tepat jika diberikan kasus.
Nah soal soal tersebut diatas masih banyak yang belum kami sharekan akan tetapi secara garis besar anda yang belum tes SKB kami sarankan untuk mempelajari kisi kisi yang kami buat berdasarkan tes dari kawan kawan kami dan hasil analisis review pada grup grup
silakan simak hasil pengalaman mengikuti SKB CPNS 2018 berikut setelah kami rangkum dan kami susun kisi kisinya.
SOAL SKB CPNS 2018 GURU SEKOLAH DASAR
|
|
CAPAIAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR ESENSIAL
|
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
|
Menerapkan prinsip operasi hitung bilangan pecahan
|
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical
content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
|
Merancang pembelajaran matematika sekolah dasar dengan
menerapkan pendekatan berbasis konstruktivisme
|
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical
content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
|
Menganalisis karakteristik
suatu kasus pembelajaran
matematika SD
|
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical
content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
|
Menyusun soal yang mengukur kemampuan berpikir matematik
tingkat tinggi
|
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
kuadrat
|
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
pada segitiga atau
segiempat
|
Menguasai konsep teoritis materi pelajaran
matematika sekolah secara mendalam
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pada
bangun ruang
|
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan statistika, serta logika matematika
|
Menarik kesimpulan matematis dengan menggunakan penalaran
logis
|
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan statistika, serta logika matematika
|
Memecahkan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan teknik
membilang
|
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural
serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmetika, aljabar, geometri, pengukuran, peluang dan statistika, serta logika matematika
|
Menganalisis data
statistik secara deskriptif yang meliputi
penyajian, ukuran
pemusatan dan penyebaran, serta nilai baku
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
|
Menentukan rumus dari suatu pola bilangan
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
|
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi
polynomial maksimal berderajat tiga
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
|
Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang
dengan jarak, waktu, dan kecepatan
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual dan
prosedural serta keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika serta kehidupan sehari-hari
|
Pemecahan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan faktor,
FPB, dan KPK
|
Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara
langsung maupun tidak langsung
|
Menganalisis kegiatan ilmiah untuk menentukan rumusan
masalah, tujuan, hipotesis, atau
variabel penelitian
|
Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara
langsung maupun tidak langsung
|
Menganalisis perubahan yang terjadi di alam akibat pelapukan,
Perkaratan
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Membedakan fungsi bagian rangka manusia
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Menganalisis proses pernapasan pada manusia ( organ dan
struktur organ
pernapasan, proses pengangkutan udara)
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Menentukan cara
pemisahan materi ( filtrasi, kristalisasi,
sublimasi,atau kromatografi)
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Menyimpulkan kelebihan teknik perkembangbiakan tumbuhan
atau hewan
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Menentukan parameter gelombang (frekuensi, amplitudo,
panjang gelombang, periode, kecepatan, energi) yang terjadi pada bunyi
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Menerapkan konsep kalor pada kehidupan sehari-hari
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Memahami cacat mata
dan cara
mengatasinya
|
Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical
content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran matematika SD yang mendidik
|
Menjelaskan penggunaan media atau
alat peraga untuk
menanamkan konsep matematika SD
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Menerapkan konsep kelistrikan pada rangkaian seri, paralel,
campuran seri paralel.
|
Memanfaatkan konsep-konsep dan hukumhukum ilmu
pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan seharihari
|
Menerapkan konsep gaya
dan gerak pada kehidupan sehari-hari
|
Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk
hubungan fungsional antarkonsep, yang berhubungan
dengan mata
pelajaran IPA
|
Menganalisis keterkaitan konsep sains dengan teknologi,
lingkungan dan masyarakat
|
Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno-
pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, model dan prinsipprinsip pembelajaran IPA yang bersifat mendidik.
|
Disajikan kasus, peserta diminta menentukan model
pembelajaran atau
pengelolaan kelas atau penggunaan media dalam membelajarkan IPA
|
Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:
1) melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan
2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
|
Membuat rubrik untuk
menilai praktikum IPA
|
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang
relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah
|
Disajikan kasus, peserta diminta menentukan rumusan masalah,
dan pemecahannya sesuai dengan permasalahan
yang dihadapi di kelas.
|
Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:
1) melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan
2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
|
Membuat soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan
berpikir tingkat tinggi materi IPA
|
Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa
Indonesia
|
Menganalisis sifat dan fungsi bahasa
|
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia
sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Mengidentifikasi struktur BI
|
Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia
(menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).
|
Menentukan ide pokok dalam wacana
|
Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara
reseptif dan produktif
|
Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi puisi
anak-anak secara reseptif
|
Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno-
pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang SD yang bersifat mendidik
|
Menganalisis ruang
lingkup dan tujuan pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD berdasarkan kurikulum dan techno-pedagogical content knowledge (TPACK) di SD
|
Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik
sesuai dengan karakteristik pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD, meliputi:
1) merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran berdasarkan
KD.
2) Memilih dan menetapkan pendekatan, metode, materi, proses, sumber, media, dan penilaian
|
Merancang perencanaan
pembelajaran Bahasa Indonesia SD
yang meliputi indikator, tujuan, metode, proses, materi, media, penilaian.
|
Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik
dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner) pada muatan pembelajaran
Bahasa Indonesia di SD;
|
Menganalisis penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia SD
yang mendidik dan inovatif sesuai tuntutan
abad 21
|
Mampu melaksanakan penilaian otentik holistik yang
mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
Merancang instrumen penilaian dalam pembelajaran BI yang
bersifat otentik holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang
diampu secara mendalam
|
Mengembangkan peran konsep Ilmu-ilmu sosial dalam materi
IPS SD
|
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang
diampu secara mendalam
|
Menerapkan nilai-nilai yang dikembangkan IPS SD dalam
kehidupan sehari-hari
|
Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang
diampu secara mendalam
|
Menguraikan berbagai
pendekatan dalam pembelajaran IPS SD
|
Mampu Megembangkan materi, struktur, dan konsep
keilmuan IPS
|
Menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS
SD
|
Mampu Megembangkan materi, struktur, dan konsep
keilmuan IPS
|
Menyusun
fakta, konsep, dan generalisasi dalam pembelajaran
IPS SD
|
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip
pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
|
Mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada lingkungan
Masyarakatnya
|
Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip
pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
|
Menganalisis konsep ruang dan waktu dalam dinamika
kehidupan global
|
Demikian artikel tentang PENGALAMAN MENGIKUTI SKB CPNS 2018. baca info dibawah ini