RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019
Kali ini blog akan berbagi bersama anda RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019. Banyak sekali bertebaran RPP yang berbunyi kurikulum 2013 namun kebanyakan dari rpp rpp itu adalah rpp kuikulum 2013 versi 2014 2015. RPP kurtilas telah mengalami pergantian atau dalam arti penyempurnaan bahkan mungkin setahu saya 4 kali ini. penyempurnaan itu menyebabkan perubahan KD dan deskripsi KD juga berubah. Maka jika kita tak hati hati dan asal comot dari internet maka saya jamin anda akan sangat kecewa karena RPP yang anda cetak ternyata tak bisa anda gunakan lagi.
Silakan anda lihat viewnya dulu bagian bawah ini kemudian jika RPP ini dirasa cocok untuk anda dan sekolah tempat anda bekerja silakan saja anda download pada link sebagai berikut.
Begini tampak viewnya. periksa kelengkapannya apakah ada rubrik dan kisi kisi penilaiannya.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (2)
Sekolah
|
SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
|
Bahasa Indonesia
|
|
Kelas/Semester
|
VII/Ganjil
|
Alokasi Waktu
|
14 JP
|
A. Kompetensi Inti :
- Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargaidan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
- Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
3.2
Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang
objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan dibaca.
|
1.
Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
2.
Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian
pada teks deskripsi yang disajikan
3.
Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
4. Menelaah bagian struktur
yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
5.
Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata,
kalimat, ejaan dan tanda baca
|
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi
tentang objek (sekolah,tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana
pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan
aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
|
1.
Merencanakan penulisan teks deskripsi
2.
Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda
baca/ejaan
3.
Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks
pembawa acara televisi mendeskripsikan objek
|
C. TujuanPembelajaran
Pengetahuan
Setelah mengikuti kegiatan diskusi siswa dapat;
- Memerinci
bagian-bagian struktur teks deskripsi
- Menentukan
bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang
disajikan
- Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
- Menelaah
bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang
dirumpangkan
- Menentukan dan memperbaiki
kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Keterampilan
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa dapat;
- Merencanakan
penulisan teks deskripsi dengan baik
- Menulis
teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur,
dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan baik
- Menyajikan
secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi
mendeskripsikan objek dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi
Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
●
Struktur teks deskripsi
●
Karakteristik tiap bagian teks
deskripsi
●
Contoh cara melengkapi teks
deskripsi
●
Contoh penggunaan kata/ frasa benda,
kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
●
Contoh sinonim dan hiponim pada teks
deskripsi
●
Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan
baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
●
Praktik menulis teks deskripsi dari
objek sekitar yang diamati
●
Praktik memberikan narasi lisan
untuk video/objek
●
Praktik menyunting dan memperbaiki
teks yang dibuat
2. Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
●
Struktur teks deskripsi
●
Karakteristik tiap bagian teks
deskripsi
●
Contoh cara melengkapi teks
deskripsi
●
Contoh penggunaan kata/ frasa benda,
kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
●
Contoh sinonim dan hiponim pada teks
deskripsi
●
Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan
baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
●
Praktik menulis teks deskripsi dari
objek sekitar yang diamati
●
Praktik memberikan narasi lisan
untuk video/objek
●
Praktik menyunting dan memperbaiki
teks yang dibuat
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
●
Struktur teks deskripsi
●
Karakteristik tiap bagian teks
deskripsi
●
Contoh cara melengkapi teks
deskripsi
●
Contoh penggunaan kata/ frasa benda,
kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
●
Contoh sinonim dan hiponim pada teks
deskripsi
●
Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan
baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
●
Praktik menulis teks deskripsi dari
objek sekitar yang diamati
●
Praktik memberikan narasi lisan
untuk video/objek
●
Praktik menyunting dan memperbaiki
teks yang dibuat
Sikap yang
ditumbuhkan: Jujur berkarya, Tanggung jawab.
E.
MetodePembelajaran
PendekatanSaitifik
1.
mengamati
2.
bertanya
3.
mengumpulkan data
4.
mengolah data
5.
mengomunikasikan (mennyajikan)
F. Media danSumberBelajar
●
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas
VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 18 s.d 35.
●
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia
SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 39 s.d 42.
●
http://kecilnyaaku.com Kategori:
Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas
G. Langkah-langkahPembelajaran
Pengatahuan
- Pendahuluan
●
Mengucapkan salam, berdoa,
mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
●
Guru bertanya-jawab tentang bentuk
teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
●
Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan
dengan materi yang dapat menggairahkan siswa untuk belajar.
●
Mengungkapkan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
●
Bertanya jawab tentang manfaat
pembelaaran yang akan dipelajari.
●
Membangun konteks untuk menumbuhkan
sikap yang telah dirancang.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 JP)
●
Mengamati tabel struktur teks
deskripsi
●
Menggali informasi tentang
karakteristik identifikasi, deskripsi bagian
●
Menalar
●
Mengidentifikasi struktur teks
deskripsi
●
Menukarkan hasil
Pertemuan ke-2 ( 2 JP)
●
Mengamati teks yang belum lengkap
●
Mempertanyakan cara melengkapi
bagian struktur
●
Menggali informasi cara
●
Melengkapi dengan membaca lagi
struktur dan variasi bagian-bagiannya
●
Mendiskusikan
●
Bagian yang tepat untuk melengkapi
●
Menelaah hasil melengkapi teks dari
segi ketepatan dan kelengkapan struktur
Pertemuan ke-3 (2 JP)
●
Membaca dan mengamati contoh
penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ ejaan
●
Menanya
●
Bagaimana prinsip penggunaan kata,
kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
●
Menggali informasi
●
Membaca buku siswa dan sumber lain
yang relevan tentang prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca
serta ejaan.
●
Bermain menelaah/ memperbaiki
penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
●
Memajang hasil telaah dari segi
penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
3. Penutup
●
Siswa bersama guru menyimpulkan
butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
●
Siswa bersama guru melakukan
indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah
dilaksnakan.
●
Siswa menerima umpan balik tentang
proses pembelajaran.
●
Mewajibkan siswa untuk membaca buku
yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner,
situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa
dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca
yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
●
Siswa menerima penyampaian tentang
kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Keterampilan
- Pendahuluan
●
Mengucapkan salam, berdoa,
mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
●
Guru bertanya-jawab tentang stuktur
dan karakteristik teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya
dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
●
Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan
dengan materi yang dapat menggairahkan siswa untuk belajar.
●
Mengungkapkan kompetensi dasar dan
indikator yang akan dicapai.
●
Bertanya jawab tentang manfaat
pembelaran yang akan dipelajari.
●
Membangun konteks untuk menumbuhkan
sikap yang telah dirancang.
2. Kegiatan Inti
Pertemun
ke-1 ( 2 JP)
●
Mengamati langkah dan contoh judul,
kerangka, cara mengembangkan teks
●
Mempertanyakan langkah membuat teks
deskripsi dengan mengamati objek
●
Menggali informasi dari berbagai
sumber langkah menulis teks deskripsi
●
Latihan meranncang objek dan n
kerangka teks deskripsi berdasarkan objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan
langkah yang ditemukan
Pertemuan ke-2 (2 JP)
●
Mengamati objek yang akan dijadikan
teks deskripsi
●
Mempertanyakan informasi apa yang
harus dikumpulkan
●
Menggali informasi
●
Mencari data dari objek yang dipilih
●
Mendata kata kunci dari objek
●
Menalar
●
Merangkai kata-kata kunci menjadi
paragraf
●
Merangkai paragraf menjadi teks
●
Mengomunikasikan
●
Memajang hasil
Pertemuan ke-3 (2 JP)
●
Mengamati contoh kesalahan
pengembangan
●
Menanya
●
Bagaimana cara menyunting dan
memperbaiki teks yang dibuat
●
Menggali informasi
●
Menemukan kesalahan dari teks yang
ditulis
●
Dipajang untuk mendapatkan masukan
dari teman/ guru
●
Memperbaiki dan memamerkan hasil
akhir
3. Penutup
●
Siswa bersama guru menyimpulkan
butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
●
Siswa bersama guru melakukan
indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
●
Siswa menerima umpan balik tentang
proses pembelajaran.
●
Mewajibkan siswa untuk membaca buku
yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner,
situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan
pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang
tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
●
Siswa menerima penyampaian tentang
kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
H.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
- Penilaian
Pengetahuan
Teknik
: Tes tulis dan penugasan.
Bentuk
: Isian dan
tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks dekripsi.
- Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup….
- Identifikasi/
gambaran umum berisi ….
- Deskripsi
bagian berisi….
- Sebutkan
jenis pengembangan deskripsi bagian!
- Sebutkan
penggunaan tanda koma (,) yang kamu ketahui!
- Sebutkan
penggunaan huruf kapital yang kamu ketahui!
- Kata
depan di berfungsi sebagai kata depan jika …. Sebagai kata depan di
ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di
atas, di bagian barat, di samping).
- Fonem
k, p, t, s luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang
berawal dengan huruf k, p, t, s. tuliskan masing-masing satu contoh!
- Fonem
k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar
yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap. Tuliskan contohnya!
- Gantilah kata-kata bercetak
miring dengan kata yang bermakna sama
Sungguh elok
pemandangan di Raja Ampat
Air laut di Pantai itu sungguh jernih.
Tak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna cokelat.
Koral itu mirip jamur yang sesungguhnya
Pasir putih nan lembut
berpadu dengan batas air.
Luar biasa pemandangan di pantai itu.
Bentuk koral di laut dangkal
itu beragam.
Keindahan alami
pulau itu sangat menakjubkan
Kunci jawaban
- Identifikasi,
deskripsi bagian, simpulan.
- Nama
objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama,
pernyataan umum tentang objek.
- Deskripsi
bagian Berisi perincian bagian apa yang dilihat, apa yang didengar, apa
yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.
- Jenis
Pengembangan Deskripsi Bagian: (1) Deskripsi bagian berdasarkan ruang. (2)
Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek. (3) Deskripsi
bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung. (4) Deskripsi bagian berupa
pemfokusan.
- Tanda
koma (,) dipakai (1) di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau
pembilangan. (2) dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang
terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
- Huruf
kapital dipakai sebagai huruf pertama nama diri atau nama diri geografi
jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya ukiran Jepara,
sarung Makasar Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama
diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)
- Diikuti
dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak.
- Misal:
memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina
(meN- + karantina)
- Misal: memprakarsai,
mengkriminalkan, mengklasifikasi.
3.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas
kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang,
bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan
kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu,
sarana dan media pembelajaran.
4.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan
pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi
waktu, sarana dan media pembelajaran.
2. Penilaian Keterampilan
1. Menjadi
Reporter Acara Jalan-jalan
Carilah tayangan video/gambar wisata di sebuah daerah.
Tayangkan dan jadilah reporter acara jalan-jalan untuk mendeskripsikan
keindahan wisata tersebut.
Lakukan bergantian di depan kelas!
Perhatikan kesesuaian gambar dengan deskripsi. Intonasi dan
gerak-gerik juga perlu diperhatikan!
Menulis
Teks Deskripsi
Setelah menyajikan lisan, sekarang kamu menulis teks
deskripsi. Deskripsikan satu di antara tempat-tempat yang disebutkan di bawah
ini. Deskripsi yang kamu buat harus berisi tentang ukuran, lokasi, dan tipe
kota atau desa yang kamu pilih. Sebutkan juga hal-hal yang menjadi ciri khas.
Uraikan juga perasaanmu terhadap tempat tinggalmu (alasan mengapa merasa betah
atau sebaliknya).
2.
Menyunting Teks Deskripsi
Telaahlah kembali teks yang Anda tulis dengan menggunakan
rubrik yang disediakan.
3.
Pembelajaran Remedial
Aktivitas
kegiatan pembelajaran remedial dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan
perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan
media pembelajaran.
4. Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan
pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi
waktu, sarana dan media pembelajaran.
Rubrikpenilaianpengetahuan
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Jawabanbenar
|
1-2
|
2.
|
Jawabanbenar
|
1-5
|
3.
|
Jabanbenar
|
1-5
|
4.
|
Jawabanbenar
|
1-5
|
5.
|
Jabanbenar
|
1-5
|
6.
|
Jawabanbenar
|
1-4
|
7.
|
Jawabanbenar
|
1-5
|
8.
|
Jabanbenar
|
1-4
|
9.
|
Jawabanbenar
|
1-5
|
|
Jumlahskor
|
|
Nilai= ∑skor X 100
40
RubrikPenilaianKeterampilan
Nilaiunjukkerja Menjadi Reporter Acara Jalan-jalan
|
||
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Kesesuaianisidengangambarvidio
|
1-8
|
|
Intonasi
|
1-7
|
|
Gesture
|
1-8
|
|
Volume suara
|
1-7
|
|
Jumlahskor
|
30
|
Nilai= ∑skor
X 100
30
NilaiProyekmenulisteksdeskripsi
|
||
No.
|
Uraian
|
Skor
|
2.
|
Kesesuaianisidengandengantempat
|
1-8
|
|
Ketepatanpilihan kata
|
1-7
|
|
Keterpaduanhubunganantarkalimat
|
1-8
|
|
Ketepatanmenggunakanejaan
|
1-7
|
|
Jumlahskor
|
30
|
Nilai=
∑skor X 100
30
NilaiUnjukkerjamenyuntingteksdeskripsi
|
||
No.
|
Uraian
|
Skor
|
3.
|
Memperbaikikeslahanisiteks
|
1-8
|
|
Memperbaikikesalahanhubunganantarkalimat
|
1-7
|
|
Memperbaikikesalahanpilihan kata
|
1-8
|
|
Memperbaikikesalahanejaan
|
1-7
|
|
Jumlahskor
|
30
|
|
Nilai= ∑ skor X 100
30
|
|
Mengetahui, ............, Juli 2018
Kepala SMP Negeri 1
Websiteedukasi.com Guru
Mata Pelajaran
.......................................... ...........................................
NIP.................................... NIP.
..................................
Lampiran
Materi
Struktur
teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi, deskripsi bagian, simpulan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat
pada bagan berikut.
Struktur
Teks Tanggapan Deskriptif
1. identifikasi
2. deskripsi bagian
3.
simpulan/ kesan
Identifikasi/
gambaran umum Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya,
makna nama, pernyataan umum tentang objek.
Deskripsi
bagian Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan
subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya,
komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis).
Perincian juga dapat berisi perincian apa yang didengar (mendengar suara apa
saja, seperti apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian
juga dapat berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.
Jenis
Pengembangan Deskripsi Bagian
Deskripsi
bagian berdasarkan ruang Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang
dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian
tengah, bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruangruang
dan ciri-cirinya.
Deskripsi
bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek Berisi perincian bagian-bagian
yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan
pasirnya, pemandangan tumbuhan dan hewan pantai).
Deskripsi
bagian berdasarkan proses sesuatu
berlangsung. Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti),
penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan,
mulai meluruh, dan penutup.
Deskripsi
bagian berupa pemfokusan Berisi bagian
yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling
saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat
cerah memberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.
2.6
Penggunaan Kata Khusu
Kata
umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat mencakup banyak hal. Kata
– kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata khusus
adalah kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata – kata
yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata
khusus sebenarnya sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus. ( Buku Siswa
halaman 25)
Demikian artikel
RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019 semoga bermanfaat