-->

RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019

RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019

RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019


Kali ini blog akan berbagi bersama anda RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019. Banyak sekali bertebaran RPP yang berbunyi kurikulum 2013 namun kebanyakan dari rpp rpp itu adalah rpp kuikulum 2013 versi 2014 2015. RPP kurtilas telah mengalami pergantian atau dalam arti penyempurnaan bahkan mungkin setahu saya 4 kali ini. penyempurnaan itu menyebabkan perubahan KD dan deskripsi KD juga berubah. Maka jika kita tak hati hati dan asal comot dari internet maka saya jamin anda akan sangat kecewa karena RPP yang anda cetak ternyata tak bisa anda gunakan lagi.

Silakan anda lihat viewnya dulu bagian bawah ini kemudian jika RPP ini dirasa cocok untuk anda dan sekolah tempat anda bekerja silakan saja anda download pada link sebagai berikut.


Begini tampak viewnya. periksa kelengkapannya apakah ada rubrik dan kisi kisi penilaiannya. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
RPP (2)
Sekolah
SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Mata pelajaran
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
VII/Ganjil
Alokasi Waktu
14 JP
A.  Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargaidan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
3.2  Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
1.         Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
2.         Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
3.         Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
4.    Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
5.         Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah,tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan dan tulis.
1.         Merencanakan penulisan teks deskripsi
2.         Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
3.         Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek
C.  TujuanPembelajaran
Pengetahuan
Setelah mengikuti kegiatan diskusi siswa dapat;
  1. Memerinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
  2. Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
  3. Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
  4. Menelaah bagian struktur yang sesuai untuk melengkapi teks deskripsi yang dirumpangkan
  5. Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca
Keterampilan
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran siswa dapat;
  1. Merencanakan penulisan teks deskripsi dengan baik
  2. Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan baik
  3. Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek dengan baik.

D.  Materi Pembelajaran
1.    Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
        Struktur teks deskripsi
        Karakteristik tiap bagian teks deskripsi
        Contoh cara melengkapi teks deskripsi
        Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
        Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
        Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
        Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
        Praktik memberikan narasi lisan untuk video/objek
        Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
2.  Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
        Struktur teks deskripsi
        Karakteristik tiap bagian teks deskripsi
        Contoh cara melengkapi teks deskripsi
        Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
        Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
        Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
        Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
        Praktik memberikan narasi lisan untuk video/objek
        Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
3.  Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
        Struktur teks deskripsi
        Karakteristik tiap bagian teks deskripsi
        Contoh cara melengkapi teks deskripsi
        Contoh penggunaan kata/ frasa benda, kata / frasa sifat, kata keterangan tempat, kalimat rincian
        Contoh sinonim dan hiponim pada teks deskripsi
        Contoh penggunaan tanda baca/ ejaan baik yang salah maupun yang benar
Keterampilan
        Praktik menulis teks deskripsi dari objek sekitar yang diamati
        Praktik memberikan narasi lisan untuk video/objek
        Praktik menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
Sikap yang ditumbuhkan: Jujur berkarya, Tanggung jawab.
E.  MetodePembelajaran
PendekatanSaitifik
1.     mengamati
2.     bertanya
3.     mengumpulkan data
4.     mengolah data
5.     mengomunikasikan (mennyajikan)
F. Media danSumberBelajar
        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 18 s.d 35.
        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Halaman 39 s.d 42.
        http://kecilnyaaku.com Kategori: Jenis Teks, Kotak Info dan Tugas
G. Langkah-langkahPembelajaran
Pengatahuan
  1. Pendahuluan
        Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
        Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
        Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dapat menggairahkan siswa untuk belajar.
        Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
        Bertanya jawab tentang manfaat pembelaaran yang akan dipelajari.
        Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.


2.  Kegiatan Inti

Pertemuan ke-1 (2 JP)
        Mengamati tabel struktur teks deskripsi
        Menggali informasi tentang karakteristik identifikasi, deskripsi bagian
        Menalar
        Mengidentifikasi struktur teks deskripsi
        Menukarkan hasil
Pertemuan ke-2 ( 2 JP)
        Mengamati teks yang belum lengkap
        Mempertanyakan cara melengkapi bagian struktur
        Menggali informasi cara
        Melengkapi dengan membaca lagi struktur dan variasi bagian-bagiannya
        Mendiskusikan
        Bagian yang tepat untuk melengkapi
        Menelaah hasil melengkapi teks dari segi ketepatan dan kelengkapan struktur
Pertemuan ke-3 (2 JP)
        Membaca dan mengamati contoh penggunaan kata, kalimat, tanda baca/ ejaan
        Menanya
        Bagaimana prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
        Menggali informasi
        Membaca buku siswa dan sumber lain yang relevan tentang prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan.
        Bermain menelaah/ memperbaiki penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
        Memajang hasil telaah dari segi penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca serta ejaan
3.  Penutup
        Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
        Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
        Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
        Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
        Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Keterampilan
  1.  Pendahuluan
        Mengucapkan salam, berdoa, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
        Guru bertanya-jawab tentang stuktur dan karakteristik teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
        Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dapat menggairahkan siswa untuk belajar.
        Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
        Bertanya jawab tentang manfaat pembelaran yang akan dipelajari.
        Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
2.  Kegiatan Inti
Pertemun ke-1 ( 2 JP)
        Mengamati langkah dan contoh judul, kerangka, cara mengembangkan teks
        Mempertanyakan langkah membuat teks deskripsi dengan mengamati objek
        Menggali informasi dari berbagai sumber langkah menulis teks deskripsi
        Latihan meranncang objek dan n kerangka teks deskripsi berdasarkan objek yang ditentukan/ dipilih siswa dengan langkah yang ditemukan
Pertemuan ke-2 (2 JP)
        Mengamati objek yang akan dijadikan teks deskripsi
        Mempertanyakan informasi apa yang harus dikumpulkan
        Menggali informasi
        Mencari data dari objek yang dipilih
        Mendata kata kunci dari objek
        Menalar
        Merangkai kata-kata kunci menjadi paragraf
        Merangkai paragraf menjadi teks
        Mengomunikasikan
        Memajang hasil
Pertemuan ke-3 (2 JP)
        Mengamati contoh kesalahan pengembangan
        Menanya
        Bagaimana cara menyunting dan memperbaiki teks yang dibuat
        Menggali informasi
        Menemukan kesalahan dari teks yang ditulis
        Dipajang untuk mendapatkan masukan dari teman/ guru
        Memperbaiki dan memamerkan hasil akhir
3.  Penutup
        Siswa bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
        Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksnakan.
        Siswa menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
        Mewajibkan siswa untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman asional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
        Siswa menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
H.  Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
  1.  Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis dan penugasan.
Bentuk            :  Isian dan tugas yang dikerjakan secara individu.
Indikator Soal :
Disajikan teks dekripsi.
  1. Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup….
  2. Identifikasi/ gambaran umum berisi ….
  3. Deskripsi bagian berisi….
  4. Sebutkan jenis pengembangan deskripsi bagian!
  5. Sebutkan penggunaan tanda koma (,) yang kamu ketahui!
  6. Sebutkan penggunaan huruf kapital yang kamu ketahui!
  7. Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jika …. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di bagian barat, di samping).
  8. Fonem k, p, t, s luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawal dengan huruf k, p, t, s. tuliskan masing-masing satu contoh!
  9. Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap. Tuliskan contohnya!
  10. Gantilah kata-kata bercetak miring dengan kata yang bermakna sama
Sungguh elok pemandangan di Raja Ampat
Air laut di Pantai itu sungguh jernih.
Tak ketinggalan koral berbentuk jamur kuping dengan warna cokelat.
Koral itu mirip jamur yang sesungguhnya
Pasir putih nan lembut berpadu dengan batas air.
Luar biasa pemandangan di pantai itu.
Bentuk koral di laut dangkal itu beragam.
Keindahan alami pulau itu sangat menakjubkan


Kunci jawaban
  1. Identifikasi, deskripsi bagian, simpulan.
  2. Nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.
  3. Deskripsi bagian Berisi perincian bagian apa yang dilihat, apa yang didengar, apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.
  4. Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian: (1) Deskripsi bagian berdasarkan ruang. (2) Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek. (3) Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung. (4) Deskripsi bagian berupa pemfokusan.
  5. Tanda koma (,) dipakai (1) di antara unsur-unsur dalam suatu peperincian atau pembilangan. (2) dipakai di belakang kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat (jadi, dengan demikian)
  6. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama diri atau nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya ukiran Jepara, sarung Makasar Huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi (Selat Lombok, Teluk Benggala, Jalan Gajah Mada)
  7. Diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak.
  8. Misal: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina)
  9. Misal: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi.
3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
2.  Penilaian Keterampilan
1. Menjadi Reporter Acara Jalan-jalan
Carilah tayangan video/gambar wisata di sebuah daerah. Tayangkan dan jadilah reporter acara jalan-jalan untuk mendeskripsikan keindahan wisata tersebut.
Lakukan bergantian di depan kelas!
Perhatikan kesesuaian gambar dengan deskripsi. Intonasi dan gerak-gerik juga perlu diperhatikan!
Menulis Teks Deskripsi
Setelah menyajikan lisan, sekarang kamu menulis teks deskripsi. Deskripsikan satu di antara tempat-tempat yang disebutkan di bawah ini. Deskripsi yang kamu buat harus berisi tentang ukuran, lokasi, dan tipe kota atau desa yang kamu pilih. Sebutkan juga hal-hal yang menjadi ciri khas. Uraikan juga perasaanmu terhadap tempat tinggalmu (alasan mengapa merasa betah atau sebaliknya).
2. Menyunting Teks Deskripsi
Telaahlah kembali teks yang Anda tulis dengan menggunakan rubrik yang disediakan.
3.  Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
4.  Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik siswa, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Rubrikpenilaianpengetahuan
No.
Uraian
Skor
1.
Jawabanbenar
1-2
2.
Jawabanbenar
1-5
3.
Jabanbenar
1-5
4.
Jawabanbenar
1-5
5.
Jabanbenar
1-5
6.
Jawabanbenar
1-4
7.
Jawabanbenar
1-5
8.
Jabanbenar
1-4
9.
Jawabanbenar
1-5

            Jumlahskor

Nilai= ∑skor X 100
                    40
RubrikPenilaianKeterampilan
Nilaiunjukkerja Menjadi Reporter Acara Jalan-jalan
No.
Uraian
Skor
1.
Kesesuaianisidengangambarvidio
1-8

Intonasi
1-7

Gesture
1-8

Volume suara
1-7

Jumlahskor
30

Nilai= ∑skor X 100
                    30
NilaiProyekmenulisteksdeskripsi
No.
Uraian
Skor
2.
Kesesuaianisidengandengantempat
1-8

Ketepatanpilihan kata
1-7

Keterpaduanhubunganantarkalimat
1-8

Ketepatanmenggunakanejaan
1-7

Jumlahskor
30
Nilai= ∑skor X 100
                        30
NilaiUnjukkerjamenyuntingteksdeskripsi
No.
Uraian
Skor
3.
Memperbaikikeslahanisiteks
1-8

Memperbaikikesalahanhubunganantarkalimat
1-7

Memperbaikikesalahanpilihan kata
1-8

Memperbaikikesalahanejaan
1-7

Jumlahskor
30

Nilai= ∑ skor X 100
                        30




Mengetahui,                                                                            ............,   Juli 2018
Kepala SMP Negeri 1 Websiteedukasi.com                           Guru Mata Pelajaran   



..........................................                                                      ...........................................
NIP....................................                                                     NIP. ..................................
















Lampiran
Materi
Struktur teks tanggapan deskriptif mencakup: identifikasi,  deskripsi bagian,  simpulan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada bagan berikut.

Struktur Teks Tanggapan Deskriptif
 1. identifikasi
 2. deskripsi bagian
3. simpulan/ kesan

Identifikasi/ gambaran umum Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek.
Deskripsi bagian Berisi perincian bagian objek tetapi diperinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis. Perincian dapat berisi apa yang dilihat (bagian-bagiannya, komposisi warna, seperti apa objek yang dilihat menurut kesan penulis). Perincian juga dapat berisi perincian apa yang didengar (mendengar suara apa saja, seperti apa suara-suara itu/penulis membandingkan dengan apa). Perincian juga dapat berisi apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian
Deskripsi bagian berdasarkan ruang Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian tengah, bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruangruang dan ciri-cirinya.
Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian- bagian objek Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tumbuhan dan hewan pantai).
Deskripsi bagian berdasarkan  proses sesuatu berlangsung. Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup.
Deskripsi bagian  berupa pemfokusan Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.


2.6 Penggunaan Kata Khusu
Kata umum adalah kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat mencakup banyak hal. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata khusus adalah kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Kata – kata yang termasuk dalam kata umum disebut dengan hipernim. Kata umum dan kata khusus sebenarnya sinonim tetapi dengan makna yang lebih khusus. ( Buku Siswa halaman 25)
Demikian artikel 
RPP BAHASA INDONESIA KD 3.2 DAN 4.2 KELAS 7 KURTILAS REVISI 2019 semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar