Friday, April 13, 2018

BUKTI FISIK AKREDITASI SD 2018 LENGKAP

BUKTI FISIK AKREDITASI SD 2018 LENGKAP

BUKTI FISIK AKREDITASI SD 2018


Menjelang akreditasi banyak sekali yang perlu kita persiapkan. Seluruh bukti fisik akreditasi SD 2018 lengkap akan akan kami sajikan untuk membantu anda menyiapkan keseluruhan perangkat untuk akreditasi. File file ini akan menjadikan mudah bagi sekolah anda anda semua dalam memberikan petunjuk serta contoh contoh bagaimana menyusun bukti bukti fisik pada 8 standar pendidikan. 

Sekolah pada umumnya setiap 5 tahun sekali akan mengadakan kegiatan akreditasi. Instrumen akreditasi biasanya menggunakan data file file atau bukti fisik akreditasi pada dua tahun terakhir. Berdasarkan pengalaman dua tahun terakhir itu biasanya pada standar isi dan standar proses. ke enam standar yang lain boleh juga menggunakan 1 tahun terakhir. Mengapa demikian? karena pada standar isi dan standar proses asesor akan menanyakan perkembangan kurikulum dan program pembelajaran di sekolah anda. Perkembangan dapat dilihat dari dua tahun terakhir, tak mungkin lah namanya perkembangan kok hanya 1 tahun trus bagaimana melihat perkembangannya? itu yang menjadi dasar bagi setiap asesor.

Kadang kita juga tidak begitu paham saat menjawab butir butir instrumen akreditasi, jika pertanyaan ini maka buktinya apa? terus jika tahu buktinya apa , bukti yang standar di inginkan oleh asesor seperti apa?. Contoh saja misalkan standar penilaian, asesor meminta daftar nilai guru, eh setelah di teliti daftar gurunya belum sesuai dengan yang standar, daftar nilai standar minimal memuat nilai ulangan harian per KD yang terdiri dari nilai tes tertulis ,lisan dan penugasan, kemudian penugasan juga dibagi kedalam penugasan mandiri terstruktur dan penugasan mandiri tidak terstruktur. Misalkan sekolah anda menggunakan kurikulum 2013 maka anda harus memastikan format daftar nilainya harus sesuai dengan instrumen butir akreditasi. 

Bukti fisik akreditasi SD 2018 lengkap ini terdiri dari keseluruhan file yang wajib ada di sekolah dalam rangka memenuhi 8 standar pendidikan, baik itu standard isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian. Masing masing standar pada file ini akan di rinci kelengkapannya sesuai dengan pertanyaan pertanyaan yang ada pada instrumen penilaian akreditasi sekolah. Juga kami sediakan cara pedoman menjawab setiap instrumen penilaian akreditasi sekolah atau madrasah. 

Kebutuhan akan pedoman penyusunan perangkat akreditasi menjadi sangat perlu bagi setiap sekolah sekolah yang mendapat jatah akreditasi. silakan anda download bukti fisik akreditasi SD 2018 lengkap pada link link dibawah ini


Demikian artikel bukti fisik akreditasi SD 2018 lengkap, semoga file file ini bisa bermanfaat untuk sekolah anda di kemudian hari dalam rangka menghadapi akreditasi sekolah.

No comments:

Post a Comment