Sunday, July 29, 2018

BUKTI FISIK AKREDITASI SMP 2018

BUKTI FISIK AKREDITASI SMP 2018



BUKTI FISIK AKREDITASI SMP 2018


Akhir tahun 2018 ini tampaknya tak hanya suhu politik yang semakin memanas namun juga pekerjaan sekolah yang menumpuk sehingga meningkatkan suhu kepala guru, KS dan lainnya. Pasalnya bulan bulan ini banyak sekolah yang mendapat giliran akreditasi. Akreditasi sendiri merupakan serangkatan proses evaluasi kinerja sekolah untuk melihat kelayakan sekolah di timbang dengan standar nasional pendidikan yang ditetapkan pemerintah. Tahun ini sekolah kami juga kebetulan mendapatkan giliran akreditasi sehingga saat ini kami sibuk untuk mengumpulkan bukti fisik akreditasi SMP 2018. Apa saja bukti fisik tersebut nanti akan kita ulas.

Bukti fisik akreditasi SMP 2018 harus kita susun dan kumpulkan sesuai dengan juknis dan pertanyaan pertanyaan pada instrumen akreditasi sebagaimana yang tertera pada aplikasi BANSM aau badan akreditasi nasional sekolah madrasah. 

Seperti yang pernah kita sampaikan kemarin bukti fisik akreditasi SMP 2018 harus mengikuti pola pertanyaan pada instrumen akreditasi sesuai dengan 8 standar nasional pendidikan. 

1. Standar Isi 
bukti fisik akreditasi SMP 2018 pada standar isi meliputi antara lain.
a. Prota, Promes , Silabus dan RPP (dokumen 2) serta instrumen penilaian.  Di dalam promes , prota RPP silabus dan buku penilaian harus memuat penilaian sikap , pengetahuan dan keterampilan, sikap terdiri dari sosial dan spiritual.
b.  Kurikulum Sekolah (dokumen 1) 
Harus dilengkapi SK tim pengembang, hasil hasil rapat, undangan rapat notula rapat, berita acara rapat. Sejak tahap pembentukan tim pengembang kemudian perumusan Kurikulum sekolah, pembahasan serta analisis kuikulum, dan penetapan kurikulum sekolah. 

2. Standar Proses
bukti fisik standar proses sebenarnya kurang lebihnya sama dengan bukti fisik standar isi yang antara laian mencakup
a. Prota promes , silabus, RPP. Dalam membuat RPP harus perlu di perhatikan kelengkapannya sesuai dengan kontek pertanyaan pada instrumen akreditasi. Harus ada metode, model dan pendekatan, biasanya kita hanya menuliskan satu saja misalkan model pembelajarannya apa, nah untuk tahun ini harus dicantumkan sejelas jelasnya penggunaan metode, model dan pendekatannya. Harus hada media alat dan sumber belajar, tahap pendahuluan pada langkah langkah pembelajaran harus memuat paling tidak 7 langkah, bagian isi harus mencerminkan kegiatan pembelajaran saintifik dan bagian penutup harus memuat minimal 5 langkah penutupan sesuai dengan juknis. Jadi pesan saya untuk mendapatkan hasil maksimal maka anda harus menjawab atau menyusun alat bukti akreditasi menyesuaikan dengan keinginan pertanyaan. Jika anda asal dalam membuat RPP misalkan sekedar comot kanan kiri maka bisa dipastikan akan ditertawakan asesor.
b. Bukti pengelolaan pembelajaran berupa foto, observasi langsung, hasil pembelajaran. Pesan saya saat akreditasi berlangsung tampilkan embelajaran yang se mewah mungkin artinya berkelas misalkan dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik tentunya RPP yang dibawa juga harus disesuaikan dengan media yang digunakan.
c. Buki fisik kegiatan supervisi, pemantauan, dan evaluasi serta tindak lanjut oleh kepala sekolah kepada guru. 

Untuk standar 3  sampai dengan 8 bukti fifik akreditasi SMP 2018  akan kita bagikan pada pertemuan berikutnya.  

No comments:

Post a Comment